Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto. (Dok/Ist)

Rinov/Pitha Posisi Dua

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda campuran Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari harus puas bertengger di posisi dua atau runner up pada ajang Swiss Open 2019. Duet Indonesia yang menempati unggulan delapan ini dikalahkan pasangan Denmark, Mathias Bay-Smidt/ Rikke Soby, dengan skor 18-21, 21-12 dan 16-21 pada laga final di Basel, Swiss, Minggu (17/3/2019).

Seperti dikutip dari bulutangkis.com, di game pertama Rinov/Pitha sempat mengungguli pasangan Denmark. Sayangnya, memasuki akhir game pertama, Rinov/Pitha tak dapat keluar dari tekanan lawan. Menariknya, Rinov/Pitha membuka harapan saat memenangkan game kedua dengan skor meyakinkan. Namun di game ketiga, Rinov/Pitha tertinggal jauh hingga 3-9. Berhasil mendekat 9-10, lagi-lagi pasangan Denmark yang tak diunggulkan ini berhasil menggoyang pertahanan Rinov/Pitha.

“Kami bermain tidak seperti kemarin-kemarin, kelihatan sekali tidak lepas dan tertekan. Kekalahan hari ini lebih banyak ke faktor non teknisnya. Bukan tegang karena ini final sih, kami antiklimaks mainnya,” ujar Rinov. “Setelah menang di game kedua, di ketiganya mereka sudah tahu pola kami, kami keserang lagi. Untuk saya pribadi, fokus, defense dan power saya harus diperbaiki lagi,” sebut Pitha.

Swiss Open 2019 merupakan turnamen keempat dari rangkaian turnamen Eropa yang diikuti Rinov/Pitha secara berurutan mulai dari Spain Masters, German Open dan All England. “Kami harus perbaiki dari non teknisnya dulu. Bagaimana caranya harus in langsung, sudah turnamen level ini harus main safe banget,” jawab Rinov. “Kami bersyukur dengan hasil ini, tapi sebetulnya kami ada kesempatan juara,” tambahnya.

Sementara itu, ganda putra Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto melaju ke semifinal. Langkah duet Fajar/Rian ke partai puncak usai mengalahkan ganda Inggris, Marcus Ellis/ Chris Langridge dua game langsung 21-16 dan 21-19. “Di game pertama kami bisa menerapkan permainan dengan baik. Tapi di game kedua, lawan menemukan pola main mereka. Pertandingan jadi ramai dan kami kejar-kejaran poin. Alhamdulillah kami bisa menang di poin kritis,” ungkap Rian.

Sukses ke final turnamen seri HSBX BWF World Tour Super 300, Fajar/Rian akan menghadapi pasangan Taiwan, Lee Yang/ Wang Chi-Lin. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu. “Kebanyakan pemain Taiwan kan pukulannya kencang, kami harus antisipasi bola no lob panjang mereka. Kami juga akan pelajari permainan mereka karena mereka pasangan baru, kami akan nonton video pertandingan mereka dan diskusi dengan pelatih soal strategi yang akan diterapkan,” kata Rian.

Sebelumnya di semifinal pasangan Taiwan ini mengalahkan ganda putra Korea Selatan, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae usai pertarungan ketat tiga game selama 1 jam 15 menit dengan skor 22-20, 13-21 dan 22-20. Babak final Swiss Open 2019 akan dilangsungkan Minggu (17/3), mulai pukul 12.00 waktu Basel atau sekitar pukul 18.00 WIB