Jokowi : Jangan Pilih Pemimpin yang Masih Coba-coba

JAKARTA (IndependensI.com) – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada para pendukungnya, untuk tidak memberi amanat pemimpin di pemerintahan untuk orang yang masih coba-coba. Jokowi pun bercerita menjadi seorang pemimpin butuh pengalaman yang tidak sedikit. Dirinya pun berbicara pengalamannya di pemerintahan mulai dari menjadi wali kota Solo, gubernur DKI Jakarta, hingga presiden. Jokowi .

“Saya ingat waktu jadi wali kota dari pengusaha. Bapak ibu ingat, bahwa saya saat ini masih pengusaha. Hanya sudah tidak saya urus. Waktu saya masuk dari pengusaha ke wali kota,” kata Jokowi kepada pendukungnya di acara Deklarasi 10.000 Pengusaha untuk Jokowi-Ma’ruf, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Jokowi mengungkapkan, dirinya perlu waktu 2 tahun untuk menyesuaikan diri di pemerintahan saat beralih dari pengusaha ke wali kota Solo. Jokowi memerlukan adaptasi karena menurutnya pengusaha dan pemerintahan sangat lah berbeda.

“Itu baru pada posisi kota. Bayangkan yang namanya negara terdapat 514 kabupaten dan kota. Sekali lagi saya perlu belajar sesuaikan diri 2 tahun. Lah kalau negara kalau saya nggak punya pengalaman sebagai wali kota dan gubernur ya saya nggak tahu berapa tahun (menyesuaikan diri sebagai presiden). Wali kota saja 2 tahun apalagi presiden. Artinya jangan diberikan yang masih coba-coba. Setuju nggak? Itu yang saya maksud. Saya ngomong apa adanya,” ujarnya. (dan)