MRT Fase II Ditargetkan Selesai 2024

JAKARTA (IndependensI.com) – Pembangunan proyek moda raya terpadu (MRT) Jakarta fase II sudah di mulai sejak Minggu (24/3/2019) kemari, bersamaan dengan diresmikannya MRT Fase I, Lebak Bulus – Bundaran HI. Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, MRT Fase II ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Dia melanjutkan, untuk pencanangan pembangunan MRT Jakarta fase II dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Minggu kemarin.  “Kalau (pembangunannya) di mulai tahun ini ontime maka MRT fase II, Bundaran HI-Kota akan diharapkan selesai 2024,” katanya usai peresmian MRT Jakarta fase I di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Proyek MRT Jakarta fase II terdiri dari beberapa kontrak paket, yaitu CP200, CP201, CP202, CP203, CP204, CP205, CP206. Itu semua dilelang secara bertahap. “Kita sudah selesai lelang paket CP200, yaitu pembangunan gardu bawah tanah, di Monas. Kita dalam proses pelelangan CP201, yaitu dari Bundaran HI ke Harmoni. Kemudian kita akan mulai pelelangan-pelelangan selanjutnya,” paparnya.

Pembebasan lahan juga sedang dilakukan. Prosesnya hingga kini masih berlangsung. Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek MRT Jakarta fase II kemungkinan baru benar-benar dikerjakan akhir bulan ini atau awal bulan depan. “Akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah mulai. Karena tender sudah, kontraktor sudah ada, persiapan teknis sudah ada,” tuturnya. (Dan)