Perbaikan tanggul jebol di Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi sedang diperbaiki. (humas)

Tanggul Jebol Diterjang Banjir,  Dibendung Karung

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Banjir yang melanda sejumlah daerah di Kota Bekasi, berdampak pada kerusakan tanggul. Kali ini,
Tanggul jebol di Perumahan Cahaya Kemang Permai, Kelurahan Jatikramat, Kecamatsn Jatiasih. Saat ini, tanggul pun  mulai diperbaiki Senin, (1/4/2019).

Perbaikan dilakukan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di bawah Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Tim BBWSCC melakukan perbaikan berupa penutupan tanggul yang jebol dengan materi terpal dan kumpulan karung berisi pasir dan disusun bertumpuk agar ketika hujan turun dapat menahan aliaran air kali untuk sementara waktu, ujar   Iwan Aditya Satuan Operasi dan Pemeliharaan III BBWSCC di lokasi.

Disebut,   ada sebanyak 500 karung berisi pasir disiapkan untuk menutup dinding tanggul jebol, sebelum disusun juga karung-karung tersebut dilapisi terpal agar air tidak meresap.

“Jadi ini penanaganan sementara agar ketika hujan air tidak tumpah ke pemukiman warga, rencana perbaikan permanen baru bisa dilakukan ketika musim kemarau,” kata Aditya, Senin, (1/4/2019).

Sebelumnya, perumahan ini terdampak banjir akibat jebolnya tanggul kali Cakung dan mengakibatkan air kali Cakung masuk ke perumahan warga mulai pukul 15.30 WIB Minggu tanggal  31 Maret 2019 kemarin.

Musadat  warga Perumahan Cahaya Kemang Permai,  mengatakan peristiwa jebolnya tanggul di depan rumahnya terjadi pukul 15.30 WIB. Kawasan yang biasanya aman dari banjir itu tiba-tiba terendam dengan ketinggian satu meter.

Saat itu,  warga sempat panik dan berupaya menyelamatkan barang berharga mereka seperti mobil, motor, alat eletronik dan sebagainya dari ancaman banjir. (jonder sihotang)