Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan Marcus Fernaldi Gideon. (Dok/Ist)

Kevin/Marcus Belum Terbendung

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon sukses melewati babak pertama Celcom Axiata Malaysia Open 2019, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (3/4/2019). Duet peringkat satu dunia ini menaklukkan ganda Taiwan juara India Open 2019, Lee Yang/ Wang Chi Lin 21-13 dan 21-12 dalam laga 24 menit.

“Hari ini kami main cukup baik, dari awal sudah siap banget. Nggak mau lengah. Lawan juga kan kemarin baru juara di India Open, jadinya nggak boleh ngasih angin. Takutnya mereka berkembang jadi bagus. Game pertama kami menekan dari awal dan mereka nggak bisa keluar dari permainan kami,” ujar Marcus seperti dikutip dari bulutangkis.com. Walau tak menemukan kesulitan berarti, Kevin/Marcus sempat terpaut ketat di poin awal game kedua. Namun hal tersebut tak berlangsung lama, karena Kevin/Marcus kembali berhasil merebut poin demi poin hingga menang 21-12.

“Game kedua mereka mungkin lebih siap dari game pertama. Mereka coba buat keluar dari tekanan, cuma kami tetap fokus terus,” ungkap Kevin. Selanjutnya di babak dua, Kevin/Marcus akan berhadapan dengan ganda Jepang, Takuto Inoue/ Yuki Kaneko, yang akan menjadi pertemuan ketujuh bagi kedua pasangan. Di atas kertas rasanya Kevin/Marcus bisa mengatasi duet Inoue/Kaneko, pasalnya enam pertemuan sebelumnya semua dimenangkan Kevin/Marcus. Walau demikian, keduanya mengaku tak ingin lengah dalam menghadapi Inoue/Kaneko.

Di laga lebih awal hari ini, pasangan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto telah lebih dulu mengantongi tiket babak dua. Mereka mengalahkan kompatriotnya yang merupakan runner up India Open 2019, Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi. Mereka menang dua game langsung 21-9 dan 21-17. Sukses dua ganda putra Indonesia hari ini memastikan empat wakil ganda putra Merah Putih ke babak dua. Selain Kevin/Marcus dan Fajar/Rian, dua pasangan lagi adalah Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/ Ade Yusuf Santoso dan Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan yang sudah menang di laga hari Selasa (2/4).

Ganda Putri

Sementara itu dua wakil ganda putri Indonesia, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu dan Ni Ketut Mahadewi Istarani/ Rizki Amelia Pradipta, sukses melaju ke babak dua. Namun, kedua pasangan akan saling berhadapan untuk memperebutkan tiket ke perempat final. Tiket babak dua berhasil diamankan lebih awal oleh pasangan Ketut/Rizki usai mengalahkan kompatriotnya, Yulfira Barkah/ Jauza Fadhila Sugiarto.

Pada laga yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Malaysia tersebut, Ketut/Rizki menang dua game langsung, 21-15 dan 22-20 dalam 34 menit. Setelah itu menyusul pasangan juara India Open 2019, Greysia/Apriyani, yang menumbangkam ganda Amerika Serikat, Ariel Lee/ Sydney Lee dua game langsung, 21-9 dan 21-10.

“Di sini kami hanya mempersiapkan untuk bermain yang terbaik. Setelah hasil India Open kemarin. Kami ingin terus memperbaiki performa kami, tidak ingin puas dengan hasil di India kemarin,” ungkap Greysia. “Yang pasti kami harus recovery badan agar kembali fit lagi. Harus fokus, pikirannya juga harus diperbaiki,” sambung Apriyani.

Sementara itu, dua wakil ganda putri Pelatnas lainnya harus angkat koper lebih awal. Della Destiara Haris/ Tania Oktaviani Kusumah kalah dari pasangan Korea Selatan, Kim Hye Jeong/ Kong Hee Yong, dalam laga dua game 16-21 dan 16-21. Sedangkam pasangan Agatha Imanuela/ Siti Fadia Silva Ramadhanti memutuskan mundur dari pertandingan saat berhadapan dengan wakil China, Dong Wenjing/ Feng Xueying di game pertama. Duet ini memilih mundur karena cedera yang dialami oleh Agatha.