Jumlah Penumpang KRL Capai 1,1 Juta dan Nilai Transaksi Rp 3,3 Miliar Perhari

Loading

JAKARTA (IndependensI.com)  – Jumlah penumpang Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) selalu mengalami peningkatan setiap tahun, dengan nilai transaksi tiket menembus Rp 3,3 miliar sehari.

Deputi II PT KAI Daop I Jakarta, Junaidi Nasution mengatakan, saat ini jumlah penumpang KRL di Jabodetabek mencapai 1,1 juta orang per hari. Artinya jika diasumsikan dengan tarif terendah senilai Rp3.000, setiap harinya jumlah transaksi tiket KRL mencapai Rp 3,3 miliar.

“Kondisi itu otomatis membuat perputaran uang di moda transportasi massal ini kian tinggi,” katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (3/4).

Peningkatan jumlah penumpang secara signifikan ini terjadi sejak lima tahun terakhir. Sampai Juni 2018, rekor tertinggi jumlah penumpang KRL mencapai 1.154.080 orang.

“Meningkat, lima tahun belakang dari 800.000 penumpang, sekarang sudah sampai 1,1 juta penumpang sehari,” ujarnya.

Dia menjelaskan pula, di waktu yang bersamaan, PT KAI memiliki armada 900 unit KRL. Jumlah tersebut bertambah 60 kereta dari tahun sebelumnya. Menurutnya, jumlah unit KRL akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penumpang.

Sebanyak 900 unit KRL ini melayani perjalanan ke 79 stasiun yang ada di Jabodetabek, Banten, dan Cikarang. Jika ditotalkan panjang rutenya, mencapai angka 418,5 kilometer. (dan)