Sekretaris Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Kristanto (paling kiri) dan Bupati Rote Ndao NTT, Paulina Haning Bullu (kedua dari kiri) berfoto bersama usai acara pemberian bantuan fasilitas air bersih di Jakarta, Jumat (5/4/2019).  (Istimewa)

Bantuan Air Bersih Untuk Sekolah di Rote Ndao

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebanyak enam titik pembangunan fasilitas air bersih akan dilakukan di sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) di Kecamatan Rote Barat, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR berkolaborasi dengan Grup Astra dan Main Dealer Astra Honda Motor, menginisiasi pembangunan fasilitas tersebut serta secara resmi diterima  Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE di Hotel Aryaduta Jakarta, Jumat (5/4/2019). 

“Pemberian bantuan ini merupakan visi-misi kami yakni memberikan bantuan untuk daerah prasejahtera, dimana prioritas kami adalah di Pulau Rote,” ujar Sekretaris pengurua YPA-MDR, Kristanto usai acara penyerahan bantuan. Dia menambahkan, selain memberikan bantuan sarana dan prasarana, YPA-MDA mengedepankan pendidikan sebagai basis utama layanan CSR yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. “Melalui pendidikan, individu akan menjadi lebih maju dan punya kecerdasan sehingga bisa menggerakkan untuk memajukan daerahnya menjadi lebih sejahtera,” imbuh Kristanto.

Sementara itu, Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan, pembangunan fasilitas air bersih ini diharapkan juga dapat memudahkan akses air bersih dan berperan pada kebersihan dan penghijauan lingkungan sekolah binaan yang menuju Sekolah Sehat. Hal ini juga sesuai pada salah satu pilar pembinaan Karakter yaitu budaya bersih. “Bantuan air bersih yang kami berikan ini berupa pembangunan fasilitas air bersih sebanyak 6 titik lokasi sebagai bentuk kolaborasi PT. Astra International Tbk, YPA-MDR, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), PT. Mitra Pinasthika Mulia dan Forum Main Dealer Astra Honda untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di sekolah,” kata Herawati.

Sejalan dengan Memorandum of Understanding (MOU) yang di tandatangani oleh PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR dengan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada Agustus 2018, YPA-MDR secara resmi membina sekolah di Kecamatan Rote Barat dengan program pembinaan empat pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup. Terlebih pula sebagaimana misi besar YPA-MDR hadir di Kecamatan Rote Barat untuk menjadikan Kecamatan Rote Barat sebagai “Kecamatan Cerdas – Berprestasi”. Hal ini pula berkenaan dengan telah ditetapkan wilayah tersebut sebagai lokasi Kampung Berseri Astra (KBA) menuju Desa Sejahtera oleh PT. Astra International Tbk.

Sekolah-sekolah binaan YPA-MDR di Kecamatan Rote Barat adalah sebagai berikut:

1. SD INPRES BOA

2. SD NEGERI OENGGAUT

3. SD INPRES ANDAIKO

4. SD INPRES SEDEOEN

5. SD NEGERI MANGGIS

6. SD INPRES OENITAS

7. SD INPRES RINALOLON

8. SMP N 1 Rote Barat

9. SMP N 2 Rote Barat

10. SMP N 3 Rote Barat

11. SMP N Satu Atap Bo’a

YPA-MDR mendukung program pemerintah dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia dengan melakukan pembinaan guna meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam bidang akademis, berkarakter baik dan mempunyai kecakapan hidup serta mencintai seni budaya daerahnya.

Selanjutnya, YPA-MDR akan merealisasikan program pembinaan sekolah dengan konsep “Sekolah Eskalator” yang mempersiapkan anak didik yang berkualitas dan mandiri mulai tingkat SD, SMP dan  SMK yang para lulusannya kelak mampu membangun daerahnya.