Sebanyak 1000 ton beras siap didistribusikan ke Tahuna dengan kapal tol laut

Kapal Tol Laut Siap Angkut 1000 Ton Beras ke Tahuna

TAHUNA (Independensi.com) – Kapal tol laut, KM. Kendhaga Nusantara I siap mengangkut 1.000 Ton Beras dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju ke Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Tahuna, Sulawesi Utara pada tanggal 10 April 2019 mendatang.

Beras tersebut nantinya untuk menambah stok pangan di daerah Terpencil, Tertinggal, Terdepan dan Perbatasan (T3P).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko di Jakarta Jumat (5/4) mengatakan, saat ini sudah dilakukan proses loading barang di Surabaya dengan menggunakan 50 kontainer dengan berat masing-masing 20 TEUs dan akan diberangkatkan tanggal 10 April 2019 ke Tahuna yang selanjutnya akan didistribusikan ke pulau-pulau sekitarnya dengan KM. Kendhaga Nusantara I setiba di Bitung.

Menurut Wisnu, pengangkutan tidak langsung ke Tahuna. Kapal akan akan merapat di Bitung seagai pelabuhan penghubung, kemudian akan diangkut dengan kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara I dengan rute Bitung-Tagulandang-Tahuna-Melanguane-Miangas-Bitung.

Keberhasilan konektivitas end to end program tol laut selain didukung oleh angkutan laut perintis dan Pelra juga perlu didukung oleh angkutan udara perintis, angkutan penyeberangan perintis dan angkutan jalan raya cargo perintis. (hpr)