TKN :  Ada Dua Hal yang Menjadi Tantangan Ekonomi Indonesia

JAKARTA (IndependensI.com ) – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Arif Budimanta mengatakan,  Indonesia menghadapi dua tantangan utama dalam membangun perekonomian. Kedua hal tersebut yakni ketersediaan infrastruktur dan masih berbelitnya regulasi.

Dari segi regulasi, menurut Arif masalahnya terdapat dalam ego sektoral, di mana ketika pemerintah pusat sudah mempermudah perizinan, namun di daerah belum diimplementasikan.  “Ini juga menyangkut raja-raja kecil di daerah,” jelas Arif dalam acara diskusi bisnis PAS FM, Rabu (10/4/2019).

Arif menambahkan, perlu ada kesetaraan dalam menjalankan aktivitas usaha untuk kepentingan nasional.  Selain regulasi, infrastruktur juga menjadi sorotan lantaran dianggap sebagai komponen penunjang peningkatan ekonomi. Karena itu lah, sambung dia, pemerintah saat ini menaruh perhatian pada penyediaan infrastruktur.

“Ini adalah suatu bukti bahwa apa yang dikerjakan pemerintah ini merupakan bagian dari apa yang selama ini dihadapi persoalannya oleh dunia usaha,” tegas Arif.

Kedua permasalahan pokok sektor riil tersebut apabila berhasil disikapi dengan baik, diyakini dapat mendongkrak perekonomian nasional, membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan.

“Dua hal yang tadi menjadi pokok permasalahan sektor riil itu terus kita lakukan improvement. Mungkin masih belum sempurna. Tapi, improvement itu terus-menerus kita lakukan,” tuturnya. (Dan)