Dana Haji 2019 Ditargetkan Mencapai Rp 121 Triliun

JAKARTA (IndependensI.com)  – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menargetkan pengumpulan dana haji tahun 2019 mencapai Rp 121 triliun. Selain itu angka jumlah pendaftar ditargetkan mencapai 700 ribu orang.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan, target tersebut optimis bisa tercapai, karena saat ini sudah banyak bank yang bermitra dengan BPKH untuk menjadi bank setoran haji.

“Kami berani menaikkan karena kita sudah punya 31 bank penerima setoran yang memiliki outlet di mana-mana. Jadi kami agresif untuk menyelamatkan umat yang wajib haji tapi belum membayar,” kata Anggito.

Dia melanjutkan, saat ini dana haji yang dikelola ditempatkan pada deposito perbankan syariah dan surat berharga syariah.

Dia menjelaskan tahun 2018 BPKH mencatatkan calon jamaah haji sebanyak 550.000 orang namun melampaui target menjadi 664.000 orang pendaftar.

“Ini jumlah calon jamaah terbanyak dalam 5 tahun terakhir. Dulu 2012 kita pernah mencapai 700.000 karena dulu ada dana talangan, sekarang kan tidak ada lagi, jadi 664.000 itu cukup besar,” ujar dia.

Anggito menjelaskan saat ini BPKH menginvestasikan dana haji di surat berharga hingga deposito.Tak ada dana haji yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Dia menjelaskan saat ini komposisi investasi dana haji 50% di bank dan 50% surat berharga. Namun tahun ini komposisi akan digeser menjadi 50% di bank syariah, 30% di surat berharga syariah dan 20% untuk investasi langsung serta investasi lainnya.

Menurut Anggito pengelolaan dana haji ini sudah sesuai dengan substansi dan tidak ada yang dilanggar oleh BPKH. (dny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *