Angkasa Pura 1 Bakal Uji Coba Bandara Kulon Progo Tanggal 26 April 2019

JAKARTA (IndependensI.com) – PT Angkasa Pura (AP) I bakal melakukan uji coba minimum operasi Bandara Kulon Progo / New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada 26 April 2019 mendatang. Maskapai yang bakal mendarat perdana di bandara tersebut yakni Garuda Indonesia.

“Tanggal 26 April nanti kita akan uji coba seluruh komponen. Insyaallah Garuda akan melakukan penerbangan simulasi, uji coba pendaratan di Bandara Kulon Progo,” kata juru bicara proyek Bandara Kulon Progo, Agus Pandu Purnama kepada wartawan di lokasi proyek Bandara Kulon Progo, Senin (15/4/2019).

Selain itu, fasilitas pendukung untuk aksesibilitas penumpang bandara juga akan diujicobakan. Di antaranya kereta api dan bus Damri. “Kereta api nanti coba berhenti di Stasiun Wojo, membawa penumpang, nanti Damri bawa penumpang dari stasiun ke bandara, lakukan check in, boarding, sampai mereka masuk pesawat. Jadi kita juga akan timing,” jelas Pandu yang juga menjabat General Manager AP I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Hari ini, AP I menggelar simulasi penanganan jika terjadi keadaan darurat yang diikuti sekitar 200 orang dari berbagai unsur terkait operasional bandara. Kemudian pada 22 April nanti ada pertemuan dengan seluruh maskapai membahas assessment keamanan dan keselamatan penerbangan.

Project Manager Bandara Kulon Progo, Taochid Purnomo Hadi menambahkan, sejauh ini progres pengerjaan proyek untuk minimum operasi mencapai 97%. Untuk sisi air side sudah selesai 100%.

“Uji coba ini untuk penerbangan internasional, tinggal pengujian-pengujian nya, tanggal 26 akan uji coba take off-landing, air side sudah 100 persen, garbarata juga mau kita mintakan sertifikasi nya. Kereta api juga sudah kordinasi, Damri juga, tinggal nanti di 26 itu main semua, kita akan umumkan sampai berapa waktu, kita timing waktu dari Yogya ke Bandara Kulon Progo,” imbuhnya. (dan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *