Mahfud MD Sarankan MK agar Siapkan Diri Hadapi Aduan Kasus Pemilu

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Proses pemungutan suara Pemilu 2019 telah usai, jalannya pemilu pun relative berlangsung aman. Meski demikian, Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengingatkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) agar menyiapkan diri dengan berbagai pengaduan kasus yang masuk terkait penyelenggaraan pemilu nantinya.

“MK harus menyiapkan diri untuk mengadili dengan seadil-adilnya, jika ternyata nanti ada kasus kecurangan atau pelanggaran yang diperkarakan. Kontestan jangan ragu untuk memerkarakan jika merasa dicurangi,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Diamengimbau semua pihak harus memandang semua masalah yang kemungkinan muncul pasca pencoblosan dengan positif.

“Hari ini adalah puncak Pemilu Serentak 2019. Ini pengalaman pertama sepanjang sejarah Republik. Akan banyak pengalaman dan masalah yang timbul. Semua harus sportif,” tutur dia.

Mahfud juga mengimbau agar penyelenggara pemilu mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) agar bekerja profesional, adil, dan tegas.

Menurut Mahfud pemilih harus bebas menentukan pilihannya namun juga harus sportif. Mahfud berharap pesta demokrasi bisa berjalan lancar.  (dan)