Fasilitas sisi udara dan sisi darat Yogyakarta Internasional Airport sudah siap untuk menunjang operasional penerbangan

Sertifikat Sudah Keluar YIA Siap Beroperasi

Loading

KULONPROGO (Independensi.com) – Sertifikat Bandar Udara Bandara Internasional Yogyakarta telah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bandar Udara (DJBU) Kementerian Perhubungan dengan nomor sertifikat 149/SBU-DBU/IV/2019, pada 26 April 2019 lalu.

Seiring dengan telah diterbitkannya sertifikasi tersebut, maka Yogyakarta Internasional Airport (YIA) siap untuk dioperasikan mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB

“Melalui terbitnya Sertifikat Bandar Udara dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan 26 Maret 2019 lalu, kami menyatakan kesiapan Bandara Internasional Yogyakarta untuk dioperasikan untuk penerbangan internasional dan domestik,” kata PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama.

Penerbangan komersial pertama akan dilakukan dalam waktu dekat oleh maskapai Citilink dan Lion Air.

Dokumen-dokumen persyaratan yang sudah siap seperti Aeronautical Information Publication (AIP), Sertifikat Bandar Udara, Penetapan Kawasan Kepabeanan, Tempat Penimbunan Sementara, Tempat Pemeriksaan Imigrasi.

Adapun berbagai layanan pendukung juga telah siap, seperti layanan navigasi penerbangan; layanan metereologi; layanan pengisian bahan bakar pesawat udara; fasilitas kesehatan pelabuhan, fasilitas karantina ikan, hewan, dan tumbuhan; tenant atau area komersial; groundhandling , dan dukungan transportasi darat (Damri, shuttle bus, kereta api, taksi).

Secara umum, fasilitas sisi udara (airside) YIA ini sudah siap 100 persen dengan panjang runway 3.250 meter dan lebar 75 meter.

Spefisikasi runway ini mampu didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380. Adapun fasilitas Penyelamatan Kecelakaan Pesawat – Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di YIA masuk ke dalam Kategori 8.

Di sisi darat (landside) terminal seluas 12.900 meter persegi sudah dapat digunakan, dari total 210.000 meter persegi pada saat full operation akhir 2019 nanti. Di terminal penumpang tersebut tersedia 12 konter check-in, 2 x-ray, 2 walk through metal detector (WTMD), 400 kursi tunggu, 6 konter imigrasi di kedatangan dan keberangkatan, serta 2 bag conveyor belt.

Adapun fasilitas standar pelayanan bandara lainnya yang sudah tersedia yaitu signage, konter informasi, flight information display system, announcement, informasi transportasi lanjutan, customer service dengan tenaga yang berasal dari warga lokal Kulonprogo, Tourist Information Center, difable lounge, difable toilet, difable lift, difable drop zone, 132 tenaga facilities care, nursery room, kid zone, reading corner, troli sebanyak 400 unit.

“Dengan segala kesiapan fasilitas YIA yang sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan penerbangan global, kami mengundang maskapai lainnya untuk membuka rute-rute baru dari dan menuju YIA.

“Dengan spesifikasi runway yang mampu menampung pesawat berbadan besar, YIA dapat dijadikan maskapai sebagai hub baru untuk pengembangan rute-rute baru, baik internasional maupun domestik,” kata Agus Pandu Purnama. (hpr)