Uji petik kapal di Pelabuhan Nusantara Kendari untuk memastikan kondisi kapal penumpang telah memenuhi persyaratan atau laiklaut.

Tim Inspektor Ditjen Hubla Lakukan Uji Petik di Pelabuhan Kendari

Loading

KENDARI (Independensi.com) – Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut menggelar uji petik atau pemeriksaan kelaiklautan kapal di Pelabuhan Nusantara, Kendari pada hari ini (29/4).

Ditjen Perhubungan Laut menurunkan Tim Uji Petik yang dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat Pencegahan Pencemaran, Capt. Jaja Suparman untuk melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang singgah di Pelabuhan Nusantara, Kendari, yang merupakan salah satu pelabuhan pantau di Indonesia

“Kita menurunkan tim pemeriksa yang terdiri dari Marine Inspektor dari kantor pusat dan juga dari KSOP Kendari,” ujar Capt. Jaja.

Pelabuhan Nusantara Kendari, adalah pelabuhan transportasi yang menghubungkan kota Kendari dengan pulau-pulau yang ada di Sulawesi Tenggara seperti Raha, Baubau dan Wakatobi. Dengan adanya mobilitas penumpang yang tinggi, tentunya perlu dipastikan kondisi kapal penumpang telah memenuhi persyaratan atau laiklaut.

“Tujuan kita adalah menjamin keselamatan para penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik sehingga dapat tiba dengan selamat di tempat tujuan untuk merayakan lebaran bersama keluarga,” jelas Capt. Jaja.

Capt. Jaja menjelaskan, pada kesempatan kali ini Tim Uji Petik Ditjen Perhubungan Laut melakukan pemeriksaan terhadap dua kapal penumpang, yakni KMP. Bunda Maria dan Kapal Express Priscilia.

“Kami berangkat dari KSOP Kendari menggunakan kapal patroli KPLP KNP.370 menuju ke Pelabuhan Perahu untuk melaksanakan uji petik terhadap KMP. Bunda Maria, kemudian lanjut ke Pelabuhan Nusantara untuk melaksanakan uji petik terhadap Kapal Express Priscilia,” ungkap Capt. Jaja.

Pada pemeriksaan kali ini ditemukan beberapa temuan minor terhadap kedua kapal yang diperiksa. Beberapa temuan ini kemudian disampaikan kepada Nakhoda sebagai perwakilan dari pemilik kapal untuk dapat ditindaklanjuti dan diperbaiki sebelum dimulainya angkutan lebaran, tentunya dengan pengawasan dari Kantor KSOP Kendari.

Sementara itu, Kepala Kantor KSOP Kelas II Kendari, Benyamin Ginting, menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan kelaiklautan kapal atau uji petik ini.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta sinergi antara Kantor Pusat dengan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah dalam rangka meningkatkan pengawasan dan mewujudkan keselamatan pelayaran,” pungkasnya. (hpr)