30.000 Buruh Kepung Jakarta Peringati May Day

JAKARTA (IndependensI.com) – Sekitar 30.000 buruh dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan menyerbu Ibukota Jakarta dalam rangka merayakan hari buruh Internasional atau May Day yang jatuh setiap 1 Mei 2019. Mereka akan bergabung dengan elemen buruh dari berbagai daerah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Wakil Presiden Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Obon Tabroni mengatakan, buruh akan berkumpul lebih dulu di omah buruh, kawasan Industri MM2100 lalu berangkat bersama menuju ke Jakarta.

“Kalau pakai mobil dan bus menggunakan jalur tol, kalau yang sepeda motor lewat Kalimalang,” kata Obon di Bekasi, Selasa (30/4/2019).

Obon mengatakan, sejumlah tuntutan dalam perayaan May Day masih seputar isu lama yaitu penghapusan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, Tenaga Kerja Asing (TKA), Pemagangan dan mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“May Day tidak hanya kegiatan seremonial, melainkan membawa tuntutan kepada pemerintah,” ujar Obon.

Meski demikian, Obon berpesan agar buruh tetap menjaga kondusifitas. “Tetap kompak, jaga keamanan, jangan terprovokasi,” ujar Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Dapil Bekasi, Karawang, dan Purwakarta ini.