Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Adi Toegarisman

JAM Pidsus: Penanganan Kasus Dugaan Korupsi di KKP Masih Tetap Jalan

Jakarta (IndependensI.com)
Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Adi Toegarisman menegaskan pihaknya sampai saat ini masih tetap mengusut sejumlah kasus dugaan korupsi termasuk di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
“Kalau ditanya apa masih jalan, ya masih tetap jalanlah (penanganan kasus dugaan korupsi di KKP—Red),” kata Adi kepada wartawan saai ditemui di Badiklat Kejaksaan RI,Ragunan, Jakarta Kamis (2/5/2019) sore.
Namun dia mengakui pihaknya belum menetapkan tersangka kasus di KKP yang terkait proyek pembangunan kapal perikanan dan pengadaan mesin kapal pada Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI) tahun 2016.
“Ya kan semua masih dalam tahap proses (penyidikan—Red),” kata Adi yang pernah menyebutkan penyidikan yang dilakukan pihaknya masih pada tahap penyidikan umum dengan memeriksa saksi-saksi.
Dia pun pernah berjanji akan segera mengumumkan tersangkanya jika sudah ada kesimpulan siapa yang harus bertanggung-jawab dalam kasus tersebut.
Sementara itu beberapa waktu lalu penyidik Pidsus Kejagung sudah memintai keterangan dari sejumlah pihak sebagai saksi, termasuk dari pimpinan perusahaan pelaksana pembuatan kapal.
Mereka antara lain Wasanudin (Direktur CV Berkah Laut), Rahmani HR (Direktur CV Fajar Raya Maros), Adi Novandy (Direktur PT Roda Anugrah Sejati) dan Kamarudin Olle (Direktur CV Sinar Stainless).
Selain itu penyidik Pidsus memanggil sejumlah pejabat dari Direktorat KAPI pada KKP untuki dimintai keterangan sebagai saksi. Antara lain Ambar Tri Harnanto (Kasi Tata Kelola), Anjar Hajianto (Analisis Perencanaan), Gilar Prakoso (Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan) dan Angga Ramadhany (Bendahara).(MUJ)