Maharani Craft Raih Penghargaan Di Ajang INACRAFT Award 2019

BALI (Independensi.com) – Ada kabar gembira datang dari perhelatan INACRAFT Award 2019 yang berlangsung di Jakarta pada 24-28 April 2019 lalu sebab Maharani Craft dengan mengusung brand Manika Jewellery yang berasal dari Bali meraih gelar Juara1 – Kategori STONE (Black is beauty) anting brass dengan Batu Charcoal (limbah batubara) dan Juara II Bottle Stopper Petri (Aksesoris Tutup Botol dari batu Petrifiedwood).

INACRAFT 2019 sendiri merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang diikuti sekitar 1.700 peserta dari seluruh Indonesia yang bertujuan untuk mendorong para pekerja seni dan pengrajin lokal berkarya menghasilkan kerajinan terbaik menggunakan keahlian tradisional, pola dan tema, dengan cara yang inovatif dalam rangka melestarikan kelangsungan dan sustainibilitas dari tradisi dan keahlian.

“Ada beberapa kriteria penilaian untuk mendapatkan penghargaan di INACRAFT Award 2019 yaitu Inovasi, Ecofriendly (ramah lingkungan, Konsisten dalam pengembangan produk dan dapat mengarah ke konsumen millenial,” kata Elliza, Desainer Maharani Craft di Denpasar, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, Penggunaan limbah batu bara yang dipasok dari Sawah Lunto, Sumatera Barat dalam paduan aksesoris gelang, anting, kalung maupun cincin merupakan tren baru dalam sumbangsih perkembangan fashion mode dunia internasional yang mengusung kearifan lokal serta ramah lingkungan.

“Karena keunikan inovasi desain yang kami miliki dengan memanfaatkan batuan limbah batu bara yang membuat para juri mengapresiasi karya kami, salah satu pengrajin dari Bali,” kata Irene, Desainer perhiasan Maharani Craft yang juga tergabung dalam binaan BEDO (Bali Export Development Organization).

Maharani Craft yang mengusung brand MANIKA memiliki akun Instagram @manika_jewellery ini beralamat di Jl. Tangkuban Perahu, Gg. Merta Sedana No. 7 Banjar Pengubengan Kangin, Kerobokan, Denpasar Barat, Bali.

Menurutnya, Tahun 2018 lalu Maharani Craft juga meraih Penghargaan yang sama Balance Crystal Necklace untuk kategori yang sama, bahkan sejak Tahun 2016 telah beberapa kali mendapatkan penghargaan di ajang INACRAFT Award, “Penghargaan Ini merupakan suatu tantangan dan motivasi untuk kami mencari dan mengolah bahan supaya bisa memenuhi Trend masa kini,” terangnya.

“Persembahan karya kami merupakan Masterpiece dari hasil pengembangan inovasi produk yang konsisten yakni Black is Beauty yang memanfaatkan limbah batu bara dan Bottle Stopper Petri (Aksesoris Tutup Botol dari batu Petrifiedwood) yang diyakini akan menjadi tren gaya hidup sosialita penggemar wine di dunia,” pungkas Irene. (hidayat)