Karena animo masyarakat yang ikut program mudik gratis dengan kapal laut cukup tinggi, pemerintah menambah 1 voyage untuk rute Jakarta-Semarang

Mudik Dengan Kapal Laut Ditambah Satu Voyage

Loading

​JAKARTA (Independensi.com) – Animo masyarakat yang ikut program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2019 yang digagas oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan cukup tinggi

Untuk itu Kemenhub menambah satu kali keberangkatan (voyage) arus mudik dan satu kali voyage arus balik sehingga melengkapi jadwal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang sudah ada sebelumnya.

Untuk diketahui jadwal kapal untuk arus mudik sepeda motor dengan kapal laut dengan rute Jakarta – Semarang semula adalah 30 Mei dan 1 Juni 2019 yang saat ini sudah terisi penuh kuotanya.

“Melihat hal tersebut, Pemerintah membuka 1 voyage lagi dengan kapal dan rute yang sama pada tanggal 3 Juni 2019,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko hari ini (8/5) di Jakarta.

Begitu pula dengan jadwal kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk arus balik dari Semarang – Jakarta yang semula pada tanggal 8 dan 10 Juni 2019 kini ditambah 1 voyage lagi di tanggal 12 Juni 2019.

“Adanya tambahan jadwal tersebut dengan kapal dan jumlah angkut yang sama menjadikan total kuota secara keseluruhan untuk sepeda motor menjadi 6.000 unit dan 12.000 penumpang,” ujar Capt. Wisnu.

Menurut Capt. Wisnu program Mudik Gratis dengan kapal laut bagi pengendara sepeda motor merupakan salah satu komitmen Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk memberikan pelayanan angkutan lebaran kepada masyarakat khususnya bagi pemudik yang menggunakan sepada motor agar dapat berjalan sampai tujuan masing-masing dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Sesuai slogan Mudik Lebaran tahun 2019 ini yaitu Mudik Selamat Guyub Rukun, Pemerintah berharap melalui program mudik gratis ini akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara,” kata Capt. Wisnu.

Program mudik gratis ini juga sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengimbau agar para pemudik sepeda motor mengurangi atau tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehingga mudik gratis dengan kapal laut ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat.

“Manfaatkanlah kesempatan ini, karena kini jadwal kapal dan kuota mudik gratis sudah bertambah. Hal ini menunjukan Pemerintah mendengar dan peduli terhadap antusias masyarakat terhadap program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini,” ujar Capt. Wisnu.

Sementara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid mengatakan bahwa Pelabuhan Tanjung Emas Semarang siap menerima kedatangan para pemudik yang akan menggunakan kapal laut khususnya mudik gratis sepeda motor.

Ahmad mengatakan bahwa pilihan menggunakan kapal laut untuk masyarakat yang akan mudik dengan sepeda motor ke kota Semarang dan sekitarnya atau untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya adalah pilihan yang bijak karena ikut mendukung program pemerintah untuk mengurangi beban kepadatan jalan raya selama arus mudik.

“Pelabuhan Tanjung Emas siap melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Kami juga mengimbau agar pemudik motor tidak membawa barang yang berlebihan karena selain berbahaya bagi pemudik saat berkendara juga menyebabkan pengaturan di kapal menjadi lebih lama,” tutup Ahmad.

Berikut adalah beberapa informasi penting terkait ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemudik yang mau mendaftar mudik gratis dengan kapal bagi pengendara sepeda motor, yaitu :

1) Pendaftaran Mudik Gratis bagi pengendara sepeda motor dapat dilakukan secara Online mulai 8 April 2019 s.d. 15 Mei 2019, melalui website : http://mudikgratis.dephub.go.id/, Isi data dan lengkapi persyaratan lalu dapatkan kode booking lalu bawa kode booking ke tempat verifikasi untuk mendapatkan tiket mulai dari tanggal 11 April s.d 18 Mei 2019.

2) Pendaftaran Langsung dilakukan dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM C, STNK, KK asli pada tanggal 15 Mei s.d 29 Mei 2019 pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB. (Setiap hari, selama kuota masih tersedia)

3) Adapun Lokasi Verifikasi Dan Pendaftaran Langsung dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, di Jl. Panaitan no. 105 Tanjung Priok Jakarta Utara dan Kantor pusat Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat. (hpr)