Menhub Budi Karya Sumadi menekankan, dalam melaksanakan tugas selalu mengedepankan kesabaran dan memberikan pelayanan yang dapat diandalkan

Menhub Buka Posko Lebaran Tingkat Nasional

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pos Koordinasi (Posko) Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa, (28/5).

Melalui Posko tersebut, situasi dan kondisi selama arus mudik maupun arus balik akan dapat terpantau secara real time.

“Posko ini berlangsung selama 24 jam, selama 24 jam tersebut dapat di pantau secara real time situasi yang ada baik itu arus penumpang, pergerakan kendaraan pribadi maupun pergerakan transportasi umum,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai membuka Posko yang berada di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/5).

Melalui pemantauan yang bisa dilakukan 24 jam ini, Menhub mengatakan pihaknya dapat melakukan langkah-langkah antisipasi ataupun mengambil keputusan secara cepat dalam rangka menjaga kelancaran arus mudik maupun balik.

“Tujuan dibentuknya Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2019 ini adalah untuk melaksanakan Pemantauan dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2019, juga untuk memantapkan koordinasi antar petugas instansi baik pemerintah maupun non pemerintah guna memastikan kelancaran arus mudik dan balik,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan, awak media juga dapat memanfaatkan posko ini sebagai media center untuk mendapatkan informasi terkini seputar penyelenggaraan Angkutan Lebaran.

“Rekan-rekan media juga dapat menjadikan posko ini sebagai media center untuk mendapatkan situasi yang terkini untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat” kata Menhub.

Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019 (1440 H) dimulai pada H-7 (29 Mei 2019) s.d H+7 (13 Juni 2019) selama 16 hari bertempat di Ruang Mataram Kementerian Perhubungan.

Posko ini diikuti oleh berbagai instansi yang terdiri dari Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Udara, Ditjen Perkeretaapian, Badan Litbang Perhubungan, Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Perhubungan, KNKT, dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, PT Angkasa Pura I dan II, Perum LPPNPI, PT Pelindo, PT ASDP Indonesia Ferry, PT KAI, PT Jasa Marga, PT Jasa Raharja, Perum Damri, BMKG, Basarnas, Korlantas Polri, Kementerian ESDM, Kementerian Kesehatan, Dishub Provinsi DKI Jakarta, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari), dan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom Mitra Polri).

Sebelum membuka posko, Menhub Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Menteri Perhubungan dan diikuti oleh para peserta posko yang bertempat di halaman Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

Dalam kesempatan tersebut Menhub mengingatkat semua aparat baik yang ada di Posko terpadu ini ataupun di lapangan telah siap dengan langkah – langkah antisipasi apabila terdapat gangguan terkait dengan permasalahan tersebut.

“Kepada aparat petugas di lapangan, saya minta agar Saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kelancaran angkutan lebaran,” pinta Menhub

Dalam melaksanakan tugas tersebut mengedepankan kesabaran dan memberikan pelayanan, serta senantiasa memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat yang dapat diandalkan.

Selain itu, Menhub juga menghimbau agar para provider-provider telekomunikasi dapat meningkatkan layanannya untuk menunjang kebutuhan para pemudik dalam mengakses informasi.(hpr)