Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Dimulai Tahun 2021

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta sejumlah menteri terkait dan PT Angkasa Pura II untuk mempersiapkan rencana pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Jokowi mengatakan dengan penambahan terminal itu nantinya Bandara Soetta akan mampu menampung sebanyak 110 juta penumpang setiap tahunnya.

Jokowi mengatakan perintah untuk persiapan itu telah dia berikan sejak dua tahun lalu. Saat ini desain untuk Terminal 4 itu telah dibentuk dan akan dikerjakan mulai tahun 2021. “Ini sudah mulai gambar-gambar desain sudah. Kita harapkan di 2021 terminal keempat juga sudah dibangun lagi,” kata Jokowi di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (21/6/2019).

Jokowi menargetkan pembangunan terminal tersebut akan memakan waktu selama 3 tahun. Terminal itu nantinya akan mampu menampung sebanyak 35 juta penumpang. “Sehingga total nantinya kita harapkan di sini (Bandara Soetta) bisa menampung 110 juta penumpang dengan plus terminal keempat. Ini memang pertumbuhan penerbangan kan cepat sekali,” katanya.

“Kalau pembangunan runway dan pembangunan East Cross Taxiway nggak dikejar, pembangunan terminal nggak dikejar, sama saja nanti keduluan lagi. Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan saat ini akses pendukung menuju bandara juga sudah disiapkan. Bahkan ada kemungkinan akses moda transportasi akan ditambah.  “Sekarang sudah ada kereta bandara. Bisa saja nanti ditambah LRT sampai sini atau kereta cepatnya diteruskan sampai ke Soetta. Kita ini berburu dengan sebuah kecepatan pertumbuhan,” ujarnya. (dny)