Jessy Rompies. (Dwi Ari Setyadi/Istimewa)

11 Petenis Lokal Lolos ke Babak Utama

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Sedikitnya 11 petenis Indonesia berhasil meloloskan ke babak utama Pelti Indonesia W15 Jakarta yang berlangsung di lapangan tenis Elite Club Epicentrum, Rabu (26/6/2019). Hanya satu wakil tuan rumah, yakni Aldila Sutjiadi yang berada di posisi unggulan turnamen resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) World Tennis Tour ini. Peringkat tunggal putri ke-455 dunia itu menempati unggulan kedua ajang khusus bagi petenis putri berhadiah total US$ 15.000 atau sekitar Rp 210 juta.

Dari 11 wakil tuan rumah, selain Aldila yang menjadi unggulan, empat petenis yakni Jessy Rompies, Rifanty Kahfiani dan kembar Fitriani Sabatini serta Fitriana Sabrina merupakan direct acceptance atau diterima langsung di babak utama karena peringkatnya mencukupi. Empat lainnya, yaitu Deria Nur Haliza, Nadia Ravita, Joleta Budiman dan Fadona Titalyana Kusumawati memanfaatkan fasilitas wild card serta dua petenis, Oxi Gravitasi Putri dan Putri Sanjungan Insani lolos dari babak kualifikasi.

Andalan Merah Putih itu akan berjuang merengkuh gelar juara dari serbuan petenis asing yang datang dari 12 negara, termasuk unggulan pertama yang ditempati wakil Thailand, Nudnida Luangnam (430). “Saya sebenarnya tidak ada target khusus, hanya untuk latihan sebelum bertolak ke Eropa. Tapi tetap berusaha bisa melaju ke babak-babak akhir ajang ini,” ucap Jessy ‘Echi’ Rompies, spesialis ganda yang hanya tampil di nomor tunggal Pelti Indonesia W15 Jakarta.

Ajang tenis Pelti Indonesia W15 Jakarta ini merupakan turnamen entry level yang sangat penting bagi semua petenis untuk mengawali langkah ke dunia tenis professional. “Turnamen ini memberi peluang bagi tiap petenis untuk mengumpulkan poin peringkat ITF baik di nomor tunggal maupun ganda karena mulai tahun ini, induk organisasi tenis dunia itu menyusun peringkat petenis tersendiri,” ucap Direktur Turnamen, Susan Soebakti. “Kendati hanya mendapatkan poin ITF namun hal itu bisa menjadi modal untuk menapak ke jenjang turnamen yang lebih tinggi,” imbuh wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PP Pelti ini.

Jadwal Babak Utama, Rabu (26/6)

Tunggal Putaran Pertama

Fitriana Sabrina v 1-Nudnida Luangnam (Thailand)

Rifanty Kahfiani v Zeba Jamal (AS)

Deria Nur Haliza v Ines Ibbou (Aljazair)

Jessy Rompies v 7-Asmitha Easwaramurthi (India)

Joleta Budiman v 5-Michika Ozeki (Jepang)

Putri Sanjungan Insani v 8-Arianne Hartono (Belanda)

Nadia Ravita v 4-Ramu Ueda (Jepang)

Fadona Kusumawati v Oxi Gravitasi Putri

Fitriani Sabatini v Mihika Yadav (India)

2-Aldila Sutjiadi v Ai Yamaguchi (Jepang)