Aldila Sutjiadi. (Dwi Ary Setyadi/Istimewa)

Petenis Lokal Belum Terbendung

JAKARTA (IndependensI.com) – Petenis non-unggulan tuan rumah, Rifanty Kahfiani berhasil melaju ke babak perempat final tunggal turnamen berhadiah total US$ 15.000 bertajuk Pelti Indonesia W15 Jakarta. Pada babak kedua, Kamis (27/6), mojang Bandung kelahiran 19 Februari 1998 itu membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan teratas, Nudnida Luangnam asal Thailand. Rifanty unggul straight set atas peringkat tunggal putri ke-430 dunia itu dengan skor akhir, 6-2, 7-5.

“Strategi hari ini berjalan dengan baik, melayani lawan dengan banyak variasi pukulan heavy spin dan slice. Saya sadar kalau hanya adu tembak pukulan keras bakal kalah dari lawan,” tutur Rifanty usai laga berdurasi satu jam 46 menit itu. Setahun yang lalu, mahasiswi Universitas Oregon, Amerika Serikat ini juga membuat prestasi serupa di babak kedua turnamen selevel yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Saat itu, Rifanty membungkam unggulan kedua, Micheka Ozeki asal Jepang. Setelahnya, dia terhenti di tangan Zhima Du dari Tiongkok yang akhirya finish sebagai runner-up turnamen berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 210 juta itu.

Pada babak delapan besar, Jumat (28/6), Rifanty akan terlibat bentrok dengan sesama wakil tim Merah Putih, Jessy ‘Echi’ Rompies yang di babak kedua harus menjalani laga sengit untuk menghentikan wakil Aljazair, Ines Ibbou. Echi menang rubber set 6-2, 3-6, 7-5. “Inginnya terus melaju sampai babak akhir, tidak anti klimaks seperti tahun lalu. Ini pertemuan pertama di antara kami,” tutur Rifanty. “Pasti seru dan yang penting, siapapun pemenangnya Indonesia pasti sudah punya satu wakil di semi final,” timpal Echi.

Selain keduanya, Aldila Sutjiadi (24) juga sukses melewati laga 16 besar ajang tenis khusus putri yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) World Tennis Tour ini. Petenis yang menempati posisi unggulan kedua itu menang telak atas Mihika Yadav (India) 6-0, 6-2. Di delapan besar, Aldila akan meladeni tantangan unggulan keenam asal Jepang, Sakura Hondo yang sebelumnya menyisihkan wakil tuan rumah, Fadona Titalyana Kusumawati (19) 7-5, 6-4.

Sementara itu Ketua Umum PP Pelti, Rildo Ananda Anwar mengaku gembira melihat perjuangan wakil tuan rumah di ajang ini. “Petenis Indonesia membutuhkan lebih banyak turnamen selevel W15 ini. PP Pelti membuka lebar partisipasi sponsor untuk menggelar lebih banyak event seperti ini agar memberi banyak manfaat bagi wakil tim Merah Putih,” tutur Rildo usai menjadi saksi kemenangan Rifanty Kahfiani atas unggulan pertama turnamen, Nudnida Luangnam (Thailand).