Prabowo – Sandi Diprediksi Bakal Kembali Nyapres di 2024

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis sejumlah nama yang kemungkinan akan bersaing di Pilpres 2024. Peserta Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno diprediksi bakal kembali maju di Pilpres lima tahun mendatang.

Selain kedua nama yang diketahui telah maju dalam Pilpres 2019, muncul juga sejumlah nama lain seperti Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Airlangga Hartanto, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani, Muhaimin Islandar, Sri Mulyani, Budi Gunawan, Tito Karnavian dan Gatot Nurmayanto.

“Ke-14 nama ini memenuhi syarat utama kritetia capres 2024 dengan memiliki popularitas di atas 25 persen berdasarkan survei sebelumnya,” kata Peneliti LSI Rully Akbar di Jakarta, Selasa (2/7/2019).

LSI mengklasifikasikan bakal capres 2024 berdasarkan empat kriteria sumber kekuatan bakal calon kepala negara berdasarkan track record. Dia mengatakan, keempatnya yakni pernah menduduki jabatan di pemerintahan pusat, ketua partai politik, jenjang pemerintah daerah dan berasal dari profesional, ormas atau swasta.

Peneliti LSI lainnya Ikrama Masloman menilai, dari sejumlah calon yang ada, capres yang berasal dari pemerintahan daerah disebut-sebut lebih berpeluang untuk memenangkan kontestasi pilpres lima tahun mendatang. Dia mengatakan, masyarakat masih akan melihat track record seorang calon kepala negara dalam memimpin masyarakat.

Pemilih, dia mengatakan, sudah kritis terhadap calon yang tiba-tiba muncil dan hanya menjual jargon dan janji politik semata. Dia menyebutkan jika track recordakan masih akan menjadi patokan dalam pilpres lima tahun nanti.

“Maka track record di kepemimpinan daerah ini biasanya trennya lagi baik hahwa memang track record itu menjadi penting, bahkan di beberapa negara,” kata Ikrama lagi. (dan)