Menkoperekonomian Sedang Buat Aturan Khusus Tiket Pesawat Murah

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pihaknya akan segera membuat pedoman penurunan harga tiket pesawat berbiaya murah low cost carrier/LCC) yang menggunakan jet. Hal ini nantinya menjadi pegangan bagi pihak terkait. “Kita akan buat kerangka pelaksanaannya itu secara resmi,” kata Darmin di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Dia melanjutkan, aturan tersebut bisa saja berbentuk Peraturan Menteri (Permen). Pedoman ini penting agar pelaksanaan tiket pesawat murah di waktu tersebut berjalan lancar. “Supaya tidak ada dispute dalam pelaksanaan. Dan akan ada monitoring oleh Kemenhub. Dirjen Hubud, ada tim di sana. Kalau mau dimonitor harus ada kerangkanya yang jelas, kalau nggak mana ketahuan yang meleset atau nggak,” ujar Darmin.

Pemerintah dan pihak terkait juga akan melakukan pengawasan bersamaan terhadap maskapai yang melanggar kesepakatan ini. “Begitu ada yang bandel, kita akan rapat,” tambahnya.

Mengenai insentif yang diberikan kepada maskapai yang menurunkan harga tiket, Darmin mengatakan akan dirilis dalam waktu dekat. “Sedang dalam proses keluar. Jangan-jangan sudah keluar lagi,” katanya. (dan)