Memasuki Kemarau Panjang, Bulog Pastikan Cadangan Beras Aman

JAKARTA (IndependensI.com) – Musim kemarau mulai memasuki Indonesia, sebagian wilayah di Tanah air mulai mengalami kekeringan. Kondisi ini tentunya bisa membuat produk pertanian, terutama padi bisa mengalami penurunan. Meski demikian, Perum  Bulog memastikan pasokan beras dalam kondisi yang aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ketika terjadi kekeringan panjang.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, cadangan beras di gudang Bulog dalam kondisi cukup. Data Bulog menunjukkan pasokan beras saat ini sebesar 2,4 juta ton, terdiri dari cadangan beras pemerintah sebanyak 2,2 juta ton dan 143 beras komersil.

“Kalau bidang kami yah sudah siap (antisipasi kekeringan), sekarang beras sudah melebihi, itu sudah aman,” ungkap dia ditemui di Gedung Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dia menyatakan, dalam mengantisipasi dampak kekeringan, maka cadangan beras pemerintah sebanyak 1,5 juta ton yang memang untuk program kebencanaan seperti kemarau dan juga stabilisasi harga melalui operasi pasar siap digelontorkan.

“Untuk sampai Desember sudah aman, prediksi ke depan masih punya. Kalau 1,5 juta ton berarti aman, jangan sampai khawatir. Pasokan musim kemarau cukup,” katanya. (dan)