Bulog Pastikan RI Tidak Perlu Impor Beras Hingga Akhir Tahun 2021

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Perum Bulog memastikan stok beras aman hingga akhir tahun 2021. Untuk ditu, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan tidak aka nada impor beras hingga akhir tahun, lantaran cadangan beras pemerintah (CBP) sudah terpenuhi.

“Sampai akhir tahun ini Bulog tidak akan impor beras dari luar negeri karena kebutuhan CBP ini sudah terpenuhi,” kata Budi Waseso dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI dengan Perum Bulog, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Buwas, sapaannya menjelaskan, sampai akhir bulan Mei 2021, cadangan beras bulog mencapai 1,5 juta ton. Penyerapan beras dari petani pun masih berlanjut hingga Juni mendatang.

“Bulog ini punya stok yang mendekati 1,5 juta ton sampai bulan ini. Kita masih mungkin serap sampai Juni dan bulan Mei ini masih bisa bertambah,” tuturnya.

Selain itu, pada Agustus dan September, masih ada ada panen padi di sejumlah wilayah. Sehingga dia memastikan cadangan beras sampai akhir tahun ini masih aman.

“Agustus, September ini akan ada panen gadu, jadi CBP ini sudah terpenuhi. Jadi kita bisa jamin sampai akhir tahun tidak ada impor beras,” kata dia.

Sebagai informasi, padi gadu merupakan padi yang dipanen pada musim kemarau. Penanaman padi gadu sering mengalami kekurangan air pada fase primordia yakni pada Juni dan Juli.