Habib Rizieq Syihab

Gerindra Sebut Ada Faktor X yang Menghalangi Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Wasekjen Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan, Habib Rizieq Shihab bukannya tidak bisa pulang ke Indonesia. Menurutnya, ada faktor x yang menghalangi kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) ini.

“Masih ada faktor x yang masih menghalangi Rizieq bisa pulang. Nah faktor x itu yang bisa menyelesaikan ya pemerintah,” kata Andre di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Namun, Andre tidak mau mengungkap apa faktor x yang menghalangi Rizieq untuk pulang. Andre mengatakan yang tahu adalah Rizieq dan pemerintah. “Tanya Habib Rizieq sama pemerintah saja yang tahu lah,” ucapnya.

Andre menekankan, kepulangan Rizieq penting untuk rekonsiliasi. Hal tersebut supaya situasi menjadi guyub dan rukun. “Kalau kita mau silaturahim mau guyub, seluruh kasus dan beban yang ada bisa terselesaikan,” kata dia.

Gerindra memberikan syarat terjadinya rekonsiliasi antara Jokowi dengan Prabowo adalah memulangkan Rizieq serta menghapus kasus hukum yang menyeret pendukung Prabowo.

Menanggapi itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko heran pemulangan Pimpinan FPI Rizieq Shihab ke Indonesia sebagai syarat rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, usai Pilpres 2019. Moeldoko menyarankan agar Rizieq Shihab pulang sendiri ke tanah air.

“Siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi-pergi sendiri kok dipulangin, bagaimana sih? Emangnya kita yang ngusir, kan enggak,” ujar Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). (dan)