Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan akan menyelenggarakan International Conference of Transportation Research and Innovation (ICTRI) di Jakarta pada 13-14 November 2019 mendatang.

Penelitian Sektor Transportasi yang Ada Masih Duplikasi

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Banyak sudah kajian tentang sektor transportasi yang dilakukan oleh kementerian, lembaga pemerintah, akademisi dan swasta. Namun hasilnya hanya duplikasi dari yang sudah ada.

Bahkan dalam satu kementerian apa yang sudah dilakukan kajian oleh badan litbang di kementerian tersebut, oleh sub sektor di kementerian yang sama dilakukan pengkajian hal yang sama atau mirip-mirip.Harusnya kajian yang dilakukan sub sektor lebih mendalam bahkan detil.

Untuk mendapatkan pencerahan mengenai hasil riset dan inovasi di sektor transportasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan akan menyelenggarakan International Conference of Transportation Research and Innovation (ICTRI) di Jakarta pada 13-14 November 2019 mendatang.

Pakar riset dari Amerika dan Korea dipastikan akan hadir sebagai pembicara. Puluhan periset sektor transportasi dari sejumlah negara juga akan hadir dalam acara ini.

Kepala Badan Litbang Kemenhub Sugihardjo di Jakarta Kamis (18/7) menjelaskan, kegiatan yang bertemakan “Menuju Transportasi Terintegrasi, Cerdas, dan Berkelanjutan” ini memiliki peran penting untuk membentuk Forum Riset dan Inovasi Transportasi Nasional” dan juga menyusun agenda riset transportasi.

Secara detail, acara ini memiliki beberapa program diantaranya Plenary Session, Seminar, Pameran, Workshop, dan Presentasi poster. Plenary Session dilaksanakan untuk memberikan gambaran makro tentang penelitian transportasi di Indonesia saat ini.

Pada kegiatan seminar, para peneliti dapat memaparkan hasil penelitian yang dilakukan. Terdapat dua kelompok peneliti yang dapat tampil, yaitu peneliti umum, dan peneliti yang mewakili lembaga atau badan penelitian. Khusus untuk peneliti umum, dimulai dengan mengikuti proses “call for paper”.

Untuk kegiatan workshop, nantinya akan dilaksanakan dalam dua sesi, diantaranya sesi workshop ilmiah yang membahas kegiatan riset transportasi yang sedang dilakukan serta workshop stakeholder yang membahas pembentukan forum riset dan inovasi transportasi nasional.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini kegiatan penelitian transportasi di Indonesia dapat diketahui dan dipetakan;” kata Sugihardjo.

Forum Riset dan Inovasi Transportasi terdiri dari seluruh stakeholder terkait penelitian transportasi. Forum ini berfungsi sebagai media koordinasi dan komunikasi antar stakeholder, untuk monitoring dan evaluasi agenda penelitian yang telah ditetapkan, serta mengidentifikasi dan memetakan kondisi dan posisi kegiatan penelitian dan inovasi transportasi yang ada di Indonesia.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh rekomendasi kebijakan dan langkah strategis pemerintah berkaitan masalah transportasi, serta didapat dokumen rumusan agenda riset transportasi nasional yang berisi peta penelitian transportasi Indonesia; Visi transportasi Indonesia 2040; Roadmap penelitian transportasi Indonesia; serta Agenda penelitian dan inovasi transportasi.

Kegiatan ICTRI ini diluncurkan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Harmonisasi Kegiatan Riset dan Pengembangan Inovasi di Sektor Transportasi. (hpr)