Obyek Wisata Danau Toba makin diminati wisatawan dalam dan luar negeri.

Presiden Kunjungi Pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Joko Widodo beserta rombongan, memulai kunjungan kerja selama tiga hari di empat kabupaten di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Humbang Hasudutan, Tapanuli Utara, Samosir dan Toba Samosir pada Senin (29/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi yang diampingi sejumlah menteri, akan melihat langsung perkembangan destinasi pariwisata Danau Toba khususnya di wilayah Kabupaten Samosir, termasuk sarana dan prasarana transportasi di wilayah objek wisata.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari empat destinasi wisata super prioritas yang ditinjau Presiden Jokowi, yaitu Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Borobudur. Dalam pengembangan pariwisata itu, pemerintah menganggarkan Rp 6,4 triliun.

Anggaran untuk pembangunan di sekitar Danau Toba oleh pemerintah pusat, mendapatkan porsi lebih besar. Presiden optimistis, objek pariwisata Danau Toba akan ramai kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Round down kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Samosir, seperti yang disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara mengatakan, Presiden Jokowi akan tiba di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, sekitar pukul 15.00 WIB. Kedatangan Presiden disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan kepala daerah dan lainnya.

Beberapa agenda presiden adalah dengan mengunjungi lokasi wisata Taman Sipinsur Geosite dengan berkendara mobil. Kemudian, Presiden ke Desa Bakkara dan kemudian menginap di Hotel Ester. Setelah itu, Selasa (30/7), Presiden dijadwalkan mengunjungi Desa Dolok Sanggul. Di desa itu, Presiden akan turut memanen bawang putih bersama dengan masyarakat. Presiden akan memotivasi masyarakat di sana. Tidak hanya ikut memanen, Jokowi juga akan meninjau Pasar Tradisional Siborong-borong yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara.

Setelah mencicipi makanan yang disajikan, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Dermaga Muara dengan menaiki kapal tujuan Dermaga Ambarita di Kabupaten Samosir. Rombongan presiden akan melintasi Air Terjun Situmurun dan Desa Sigapiton. Presiden akan melihat Pasar Souvenir di Desa Ambarita.

Setelah itu, Jokowi bersama rombongan akan beristirahat sambil menikmati panorama alam di Samosir Cottage. Dipastikan, Jokowi akan memberikan kejutan untuk masyarakat di wilayah Danau Toba.

Kemudian, Rabu (31/7/2019), rombongan presiden akan meninjau lokasi wisata di Kabupaten Samosir. Lokasi wisata yang didatangi yakni batu kursi Raja Siallagan, Pasir Putih Parbaba, Pantai Indah Situngkir, Kampung Ulos Situngkir, Pasar Onan Baru, dan Jembatan Tanah Ponggol. Selanjutnya, pada peninjauan terakhir, akan melihat perkembangan Sigulati Geopark.

Selain itu, Presiden Jokowi akan mendengarkan paparan tim Kemenko Maritim dan bupati sekitar kawasan Danau Toba tentang rencana pengembangan pariwisata super prioritas Danau Toba. Rombongan terus berjalan hingga memasuki Rest Area Tele Kabupaten Samosir. Dari Tele, Jokowi menuju Bandara Silangit untuk kembali ke Jakarta. (Robino Hutapea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *