Keberadaan bus air di destinasi wisata Danau Tiba diharapkan dapat menarik wisatawan nusantara dan asing

Ditjen Hubdat Siapkan 2 Bus Air Wisata Danau Toba

TOBA (Independensi.com) – Guna mendukung destinasi wisata Danau Toba, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Darat tengah membangun sarana transportasi Bus Air.

“Kita akan bangun dua bus air untuk mendukung pariwisata Danau Toba sebagai destinasi wisata 10 Bali Baru,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Muara, Sumatera Utara, Minggu (28/7).

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat aaat ini tengah membangun lima kapal besar untuk dioperasikan melayani angkutan penyeberangan di kawasan Danau Toba.

Dari lima kapal tersebut, dua diantaranya adalah bus air, yang akan digunakan menjadi kapal wisata. Bus Air ini merupakan wujud dukungan Kementerian Perhubungan untuk mendukung sektor pariwisata di Danau Toba.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, menjelaskan Bus Air yang sedang dibangun berkapasitas 50 orang penumpang serta dapat menampung 3 unit mobik dan 36 unit motor, yang rencananya akan selesai pada Tahun 2020.

“Bus Air ini kita persiapkanmulti fungsi. Selain untuk mengangkut penumpang, masyarakat atau wisatawan nantinya bisa sambil makan malam di kapal ini,” ungkap Budi.

Investasi untuk membangun kapal Bus Air masing-masing Rp 11 Miliar Rupiah. Total dana untuk dua bus air sebesar Rp 22 Miliar yang berasal dari APBN.

“Bus Air ini ide dari Pak Menhub untuk mendukung pariwisata Danau Toba,” tandas Dirjen Budi. (hpr)