Dampak Mahalnya Tiket Pesawat Membuat Pertumbuhan Sektor Pariwisata Melambat

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal mengatakan, mahalnya harga tiket pesawat berdampak melambatnya pertumbuhan sektor pariwisata pada semester satu 2019.

Dia mengatakan pertumbuhan sektor transportasi, komunikasi, restauran, dan hotel melambat. “Ini (perlambatan sektor pariwisata) banyak dipengaruhi oleh harga tiket pesawat,” kata Faisal di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Faisal menilai tingginya harga tiket pesawat cukup signifikan dampaknya terhadap pariwisata. Jadi, kata dia, harga tiket pesawat memiliki efek domino yang cukup panjang terutama kepada sektor pariwisata.

Untuk itu, Faisal mengatakn jika pemerintah tetap ingin menjadikan sektor pariwisata menjadi prioritas maka harus ada langkah kongkret untuk menyelesaikan persoalan tiket pesawat. “Mau tidak mau ini permasalahan kenaikman harga tiket pesawat udara harus menjadi konsen yang harus terus dicari solusi pemecahan masalahnya,” jelas Faisal.

Pertumbuhan sektor restoran dan hotel pada semester satu 2019 mencapai 5,42 persen. Sementara pada periode yang sama tahun lalu pertumbuhan sektor restoran dan hotel mencapai 5,64 persen.

Lalu pertumbuhan transportasi dan komunikasi pada semester satu 2019 mencapai 4,91 persenm sementara pada periode yang sama tahun lalu, sektor transportasi dan komunikasi mencapai 4,96 persen. (dan)