Suasana terminal induk Kota Bekasi di Jalan Ir H Juanda. (ist)

Terminal Induk Kota Bekasi Akan Pindah

BEKASI(IndependensI.com)-  Pemerintah Kota Bekasi merencanakan Termimal Induk Kota Bekasi dari Jalan Juanda, Kecamatan Bekasi Timur ke Kelurahan Jatiwarna Kecamatan Jatiasih. Sebab, kondisi terminal yang ada saat ini hanya dua hektare dan masih peninggalan Pemerintah Kabupaten Bekasi, sudah tidak laik lagi.

“Pemindahan terminal dinilai diperlukan karena akses dekat dengan tol JORR dan mampu mengurangi beban jalan di arteri,” ujar Wakil Wali Kota Bekasi  Tri  Adhianto dalam keterangannya, saat menghadiri Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), Kamis (1/8/2019).

Terminal Induk Kota Bekasi yang bersebelahan dengan Pasar Baru Bekasi, merupakan terminal peninggalan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Selama ini, Pemkot Bekasi hanya melakukan perbaikan seadanya, dan tidak bisa lagi diperluas karena seputar terminal sudah padat penduduk.

Sebenarnya, tahun 2004 silam, DPRD Kota Bekasi sudah menetapkan lokasi terminal di Kecamatan Rawalumbu. Bahkan, saat itu sudah ada kerjasama Pemkot Bekasi dengan pengusaha dari Malaysia. Namun, terminal yang ditetapkan menjadi tipe A itu, tidak terealisasi hingga saat ini.

Wacana pemindahan terminal ke Kecamatan Jatiasih, juga sudah sejak lama. Tapi, realisasi juga tak terwujud. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *