Menko Luhut : Anggota Kongres AS Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Loading

JAKARTA, (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan mengatakan, Anggota Kongres Amerika Serikat mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang semakin meningkatkan peningkatan.

“Menurut anggota Kongres Vern Buchanan, ia membahas diskusi yang telah membahas sebelumnya, dan juga kebijakan saya yang jelaskan   dari Pemerintah Indonesia, saya jelaskan juga kemajuan ekonomi kita, dan sebelumnya mereka juga mengapresiasi penjelasan yang sudah kita paparkan tadi,” ujar Menko Luhut dalam Sambutan pembuka di acara US – Indonesia Partnership Luncheon, bertema Memperluas Perdagangan dan Investasi Billateral Kami, digelar di Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Menko Luhut lalu menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah meminta agar Indonesia dapat membuka pelung investasi untuk membuka lapangan kerja baru, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Presiden selalu katakan untuk kita dapat membuka peluang investasi seluas-luasnya, dan mereka pun berpendapat sama. Yang jelas dari negara manapun bisa menanamkan investasi di Indonesia dan bukan hanya dengan satu dua negara tertentu saja, akan tetapi dengan syarat-syarat dan regulasi yang sudah kita tetapkan,” tambahnya.

Menko Luhut menegaskan, Indonesia tidak hanya bekerjasama dengan Tiongkok saja, tetapi dengan siapa saja yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia. Namun demikian, lanjut Menko Luhut, satu hal penting yang harus dijunjung tinggi adalah national interest Indonesia.

“Sebut saja seperti Crown Prince United Arab Emirate Muhammad bin Zaid yang sudah mengirimkan tim nya ke Indonesia, ini sangat cepat, padahal beliau baru minggu lalu datang berkunjung. Kemudian Masayoshi San, kemudian dengan Peter Ma dan juga dengan Raja Saudi Arabia Muhammad bin Salman. Dari sini terlihat kita tidak harus spesifik bekerjasama dengan satu negara saja, dengan negara mana saja kita bebas bekerjasama,” tegas Menko Luhut.

Lebih lanjut, Anggota Kongres AS, Vern Buchanan mengungkapkan bahwa, kunjungan anggota legislatif Amerika Serikat ke Indonesia ini adalah salah satu bagian dari perayaan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia – Amerika Serikat. Dirinya juga menyatakan apresiasi tinggi atas makin eratnya hubungan persahabatan yang telah berlangsung oleh kedua negara besar ini.

“Kongres Amerika Serikat akan terus mendukung kerjasama dengan Indonesia, Amerika Serikat dan Indonesia adalah sahabat dekat,” ujarnya.

Beberapa kerjasama yang akan dilakukan, di antaranya adalah peningkatan kerjasama dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan jalan kerjasama antar institusi pendidikan tinggi dan juga peningkatan profesionalisme angkatan bersenjata kedua belah pihak dengan mengadakan latihan militer bersama, serta kerjasama penanggulangan bencana.

Turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu adalah, Delegasi Anggota Kongres Amerika Serikat, antara lain Congressman David Price, Congressman Vern Buchanan dan juga Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan. (Chs)