Jokowi Perintahkan BNPB, TNI, Polri Bergerak Cepat Atasi Gempa Banten

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, dan Polri agar bergerak mengatasi kondisi di lokasi terdampak gempa, di Banten. Dia berharap semua warga dan petugas berada dalam keadaan baik di berbagai tempat.

“Saya juga perintahkan juga kepada BNPB, TNI, dan Polri, Menteri Sosial, untuk bertindak cepat apabila ada hal yang memang harus kita bergerak,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Tak hanya itu, Kepala Negara juga akan terus memantau perkembangan kondisi kawasan yang terdampak gempa magnitudo (M) 6,9. Dia bersyukur tak ada informasi tentang gelombang tsunami yang membahayakan.

“Tadi jam 19.03 WIB malam, ada gempa di barat daya Banten, dan kita rasakan di Jakarta. Saya terus monitor, saya tadi telepon ke lapangan juga. Yang paling penting saya monitor sejak jam 19.00 WIB tadi,” tutur Jokowi

Jokowi mengimbau warga tetap tenang. Dia menerima laporan ada kerusakan-kerusakan kecil akibat gempa. Belum jelas betul apakah memang tak ada kerusakan berat atau karena pemantauan belum maksimal akibat kondisi gelap malam hari. Jokowi berharap tak ada kerusakan besar.  “Yang paling penting seluruh masyarakat tenang, hati-hati, dan terus tetap waspada,” kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, gempa M 6,9 sebelumnya mengguncang Banten. Gempa juga disertai peringatan potensi tsunami. Peringatan dini potensi tsunami kemudian diakhiri. Peringatan tersebut diakhiri setelah menunggu 2 jam dari waktu perkiraan terakhir yaitu 19.35 WIB. Gempa juga dimutakhirkan menjadi M 6,9. (dan)