Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi berfoto bersama Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar dalam jumpa pers Combiphar Tennis Open 2019 di Jakarta, Senin (5/8/2019). Turnamen berhadiah total US$ 45.000 ini digelar selama tiga pekan beruntun. (Istimewa)

Rifqi dan Anton Melaju

JAKARTA (IndependensI.com) – Dua petenis tuan rumah, M. Rifqi Fitriadi dan Anthony Susanto berhasil melewati babak pertama kualifikasi turnamen tenis internasional Combiphar Tennis Open 2019, Senin (5/8/2019). Penghuni Pelatnas SEA Games itu membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan di ajang khusus putra yang berhadiah US$ 15.000 ini.

Di atas hard court The Sultan Hotel & Residence Jakarta, M. Rifqi Fitriadi menyudahi perlawanan unggulan ke-15, Mehluli Don Ayanda Sibanda dari Zimbabwe. Petenis yang masuk perhelatan berlabel ITF World Tennis Tour dengan menggunakan fasilitas wild card ini unggul straight set, 6-4, 6-3. Sedangkan Anthony Susanto harus berjibaku melalui laga super tie break untuk menyingkirkan unggulan kesembilan asal Korea Selatan. Uisung Park. Anton unggul 6-3, 3-6 [10-7]. “Saya sangat siap tampil di turnamen Combiphar Tennis Open 2019 ini. Semoga bisa mendapat hasil terbaik,” ujar peraih tiga medali emas tenis PON 2016 ini.

Selanjutnya, Anton akan menghadapiseeded kelima, Lucas Vuradin dari Australia untuk merebut satu tempat di babak utama tunggal Combiphar Tennis Open 2019. Sementara Rifqi harus terlibat bentrok dengan wakil Taiwan, Li Wei Tan yang menempati posisi unggulan keenam di babak final kualifikasi, Selasa (6/8).

Combiphar Tennis Open 2019 ini akan berlangsung tiga pekan diikuti peserta yang berasal dari 20 negara, menyediakan 32 tempat di babak utama dan juga 32 slot babak kualifikasi nomor tunggal serta 16 pasangan ganda. Sebagai unggulan teratas tunggal pekan pertama adalah Zihao Xia, petenis asal Tiongkok yang berada di peringkat 365 ATP. Sedangkan di nomor ganda, duet Indonesia dan Afrika Selatan, Justin Barki dan Ruan Roelofse menempati seeded pertama.

“Memahami kondisi yang ada, kami kembali menyelenggarakan Combiphar Tennis Open untuk keempat kalinya sebagai bentuk dukungan dalam mengembangkan potensi atlet tenis Tanah Air, sekaligus untuk membuka jalur karir profesional internasional,” papar Michael Wanandi selaku Presiden Direktur Combiphar dalam jumpa pers, Senin (5/8/2019). “Lebih lanjut, inisiasi ini juga salah satu wujud nyata komitmen perusahaan, Championing a Healthy Tomorrow, untuk membantu menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat melalui olahraga, salah satunya cabang olahraga tenis,” imbuhnya.

PP Pelti sebagai induk organisasi tenis di Indonesia menyambut baik ajang ini menyediakan total hadiah US$ 45.000 atau sekitar Rp 630 juta dalam tiga pekan turnamen ini. “Kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi inisiasi Combiphar dalam menyediakan sarana bagi petenis Indonesia. Penyelenggaraan Tennis Open 2019 dapat dimanfaatkan petenis Tanah Air untuk mengembangkan kemampuan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mengikuti kejuaraan berskala internasional di luar negeri,” tutur Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Rildo Ananda Anwar dalam kesempatan yang sama.

Hasil Senin (5/8)

Babak Pertama Kualifikasi

14-Cameron Green (Australia) v WC-Giorgio Alessandro Soemarno 6-2 6-1

WC-M. Rifqi Fitriadi v 15-Mehluli Sibanda (Zimbabwe) 6-4 6-3

Anthony Susanto v 9-Uisung Park (Korea Selatan) 6-3 3-6 [10-7]

16-Yeongseok Jeong (Korea Selatan) v WC-Jeremy Nahor 6-1 6-3

Jadwal Selasa (6/8)

Babak Final Kualifikasi

5-Lucas Vuradin (Australia) v Anthony Susanto

6-Li Wei Tan (Taiwan) v WC-M. Rifqi Fitriadi