Para pemain dan ofisial klub ABC Wirayudha FC. (Istimewa)

Klub ABC Wirayudha Tampil di Liga 3

JAKARTA (Independensi.com) – Tim sepak bola ABC Wirayudha FC siap bermain di ajang Liga 3 Provinsi DKI Jakarta yang telah bergulir sejak 4 Agustus lalu. Ajang yang diinisiasi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta sudah menggelar drawing di Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Tim ABC Wirayudha FC yang didirikan sejak 1978 ini akan bertarung bersama 21 tim dan berniat mengembalikan kejayaan klub-klub sepakbola dari Jakarta Timur. Selain itu, klub ini sudah memenuhi syarat kualifikasi untuk ikut turnamen tersebut dengan mendirikan badan hukum PT. Anak Betawi Cahaya Wirayudha (PT. ABC Wirayudha). Adapun badan hukum tersebut memiliki format baru dengan Trijaya Hadiyansah sebagai Komisaris ABC Wirayudha. Trijaya mempunyai visi kedepan membawa klub ini Berproses sesuai dengan tujuan akhir Go Public. Selain itu menggabungkan pengelolaan klub
lewat bisnis profit dan menjadikan klub ini setara dengan klub-klub profesional lainnya.

“Berangkat dari keprihatin terhadap pergaulan anak usia dini dan muda saat ini, sebuah langkah raksasa telah di ambil dengan mengakusisi klub ABC Wirayudha FC. Hal ini menjadi wadah kegiatan positif untuk menghidari dampak perilaku buruk anak usia dini
dan muda seperti narkoba, gadget addict dan sebagainya,” ujar Trijaya saat launching tim akhir pekan lalu. Keikutsertaan Trijaya yang berprofesi sebagai pengusaha ingin membaktikan diri kepada negara melalui tanggung jawab sosial pribadinya.

Dalam waktu dekat klub ini akan membuka beberapa cabang sekolah
sepakbola di wilayah Jabodetabek yang akan terintregasi dengan ABC Wirayudha Academy dan membuat workshop edukasi bersama para pemangku kepentingan untuk mencerdaskan sekaligus pemahaman pendidikan non formal kepada semua lapisan masyarakat.

Program yang sudah dijalankan selama ini secara terencana dan terstruktur menjadi acuan pengembangan pemain usia dini. Terbukti pada 2018 lalu, ABC Wirayudha FC menjadi finalis Kejuaraan Piala Soeratin U-15 DKI Jakarta. Sebuah prestasi yang membanggakan sebagai sebuah klub sepakbola yang mandiri. Selain itu, klub ini juga memberikan pelatihan kepada pelatih dan individu yang tergabung dalam manajemen untuk meningkatkan pengetahuan di bidang perangkat pertandingan dan sertifikasi kepelatihan. Sedangkan untuk target jangka panjangnya, ABC Wirayudha FC mencoba menjalin kerjasama dengan klub-klub sepakbola Asia dan Eropa, mengingat standarisasi pemain sepakbola harus mengacu pada aturan internasional. Dengan demikian, klub ABC Wirayudha FC akan semakin baik dan berkualitas menyusul perbaikan yang dilakukan secara maksimal.

Untuk kedepannya, Trijaya berharap klub-klub sepakbola Jakarta Timur harus berprestasi sehingga menjadi panutan bagi para pencinta sepakbola DKI Jakarta. “Bila semakin banyak klub-klub di Jakarta yang berprestasi di DKI Jakarta, bukan tidak mungkin bisa mengalahkan pamor Persija. Karena itu, klub sepakbola Jakarta bukan hanya Persija,” imbuh Trijaya.

Setengah Kompetisi

Kompetisi ini akan menggunakan sistem dimana dua tim teratas akan lolos ke babak delapan besar yang berlangsung dengan setengah kompetisi. Dari babak delapan besar, tim yang lolos akan bertarung di babak semifinal. Pada babak tersebut, akan memakai sistem tandang dan kandang untuk menentukan tim yang melangkah ke final.

Untuk sementara Apsorv DKI baru merilis dua lapangan yang menjadi tempat bergulirnya kompetisi, yakni Lapangan Yon Zikon 13 dan 14, di Srengseng, Jakarta Selatan.

Pembagian Grup Liga 3 DKI Jakarta:

Grup A

Taruna Persada, PSJS Jakarta Selatan, MC Utama, Batavia FC, Kompak FC, Bina Mutiara.

Grup B

Persija Muda, Urakan FC, Pro Direct, PCM, Trisakti FC.

Grup C

Persitara Jakarta Utara, Pemuda Jaya, Bintang Kranggan, Laskar Muda, ABC Wirayudha FC.

Grup D

Jakarta Timur FC, PS Jakarta Barat, Betawi FC, Villa 2000, Bintang Kota.