Gubernur Sulsel Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Satu Makasar

Loading

UJUNGPANDANG (Independensi.com) – Kelompok terbang (Kloter) satu jemaah haji dari embarkasi Makasar tiba di bandara internasional Sultan hasanuddin Makasar, Minggu (18/8) pukul 17.20 WITA.

Sebanyak 455 jemaah haji yang terdiri dari 297 jemaah perempuan dan 158 jemaah laki-laki tiba dengan pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 747-400 dengan nomor penerbangan GA 1201 yang.

Begitu tiba beberapa jemaah laki-laki langsung melakukan sujud syukur sebagai ungkapan syukur karena telah tiba di Makasar dengan selamat setelah menempuh perjalanan dari bandara internasional King Abdul Azia Jeddah Saudi Arabia.

Ada satu orang jemaah perempuan yang dipapah dan digendong ke mobil ambulan karena usia yang sudah lanjut. Setelah semua penumpang turun dari pesawat seluruh jemaah diangkut dengan 10 bus Damri ke Asrama Haji Sudiang, Makasar.

“Kloter pertama jemaah haji embarkasi Makasar yang berangkat maupun yang pulang jumlahnya sama,” Jelas Kabid Pelayanan Fasilitas Bamdar Udara Otban V Makasar Dadang Indranegara di posko angkutan haji 2019.

Pada musim haji tahun 2019 ini, embarkasi Makasar menerbangkan 40 kloter yang terdiri dari 37 embarkasi Makasar dan 3 embarkasi antara Gorontalo dengan total jemaah 18.109 orang.

Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Nurdin Abdullah yang menyambut jemaah haji kloter pertama di Asrama Haji Sudiang dengan mengucapkan selamat datang kepada haji dan hajjah baru.

Gubernur berharap silaturahmi yang terjalin selama 40 hari saat menjalankan ibadah haji dapat tetap terjalin hingga kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan dalam rangka persiapan kepulangan jemaah haji, pihaknya telah mempersiapkan dengan sebaik baiknya.

“Alhamdulillah, kepulangan haji tahun ini
berjalan dengan baik dan kami pun telah mengupayakan kenyamanan kepada seluruh jamaah Haji Indonesia mulai dari pemberangkatan hingga kepulangan,”ujar Polana. (hpr)