Jalan Tol Layang Japek II Sepanjang 36,4 Km akan Segera Beroperasi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek II) sepanjang 36,4 Km akan segera beroperasi. Jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke 3 kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung maupun arus lalu lintas dari Jakarta ke arah Bandung dan ke arah Tol Trans Jawa.

Adanya Tol Layang Japek II akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada dibawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Demikian seperti dikutip dalam akun instagram resmi kemenpupr, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek II. Tol tersebut merupakan BUJT PT Jasa Marga yang dikerjakan kontraktor BUMN PT Waskita Karya.

Adapun skema tarif tengah dibahas disesuaikan dengan tarif pada ruas tol eksisting atau dilakukan rebalancing.

“Masih kami bahas terus dengan Ditjen Bina Marga dan Jasa Marga, mudah-mudahan dapat disepakati skemanya sebelum Natal,” kata Kepala BPJT Danang Parikesit.