Nauvaldo Jati Agatra menjadi salah satu petenis andalan tuan rumah di ajang Medco International Junior Championships 2019 yang berlangsung di Stadion Bukit Asam, Jakabaring Sport City, Palembang, 19-25 Agustus mendatang. (Istimewa)

Turnamen Tenis Junior Internasional Siap Bergulir

JAKARTA (IndependensI.com) – Petenis dari 12 negara bakal memeriahkan turnamen tenis bertajuk Medco International Junior Championships 2019. Kejuaraan yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional, ITF World Tennis Tour Junior berkategori Grade 5 itu akan berlangsung di Stadion Tenis Bukit Asam, Jakabaring Sport City Palembang, 19-25 Agustus 2019.

“Alhamdulillah, tahun ini Indonesia mendapat tambahan satu turnamen dalam kalender kompetisi resmi ITF. Dan kami bersyukur karena event baru ini berhasil menarik minat banyak peserta dari mancanegara,” tutur Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti), Lani Sardadi seperti dikutip dari rilisnya, Minggu (18/8). Selain peserta tuan rumah, Lani mengatakan, Medco Internasional Championships 2019 diikuti oleh petenis yang berasal dari negeri jiran seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Selain itu, turnamen ini juga dira mainkan peserta dari negara-negara tenis terkemuka di kawasan Asia Pasifik, yakni Jepang, China, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan dan India serta Australia juga mengirimkan wakilnya. Sefangkan dari benua Eropa, hadir petenis asal Jerman.

Merujuk Acceptance List pada laman ITF Junior per 15 Agustus, Jian Keong Takeshi Koey, peringkat ke-575 yunior dunia asal Malaysia menempati posisi unggulan teratas tunggal putra  diikuti petenis asal Taiwan, Ming Chieh Chiu sebagai seeded kedua. Andalan Merah Putih, yakni Rifqy Sukma Ramadhan, Nauvaldo Jati Agatra dan Ari Fahresi serta Gunawan Trismuwantara menyusul di posisi berikutnya.

Di kelompok putri, sebagai unggulan teratas adalah Xinyue Hu, petenis China berperingkat ke- 483 yunior dunia disusul oleh Chui Kei Leung (Hongkong) dan wakil Indonesia, Jessica Christa
Wirahadipoernomo (956 -ITF Junior), Xintong Zhou (China), Honoko Umeda (Jepang), Cartika Wisesha Dewi Larasati dan Nur Rosida Mega Hadiati (Indonesia) serta Hannah Seen Ean Yip
(Malaysia).

“Semoga petenis yunior Indonesia mampu memanfaatkan turnamen ini sebaik-baiknya untuk secara perlahan membangun ranking internasional mereka,” imbuh Lani. Dengan hadirnya Medco International Junior Championships 2019 ini menabalkan Palembang menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang memiliki event tenis berlabel ITF World Tennis Tour Junior di Tanah Air. Dan Stadion Tenis Bukit Asam kembali menjadi arena berskala internasional setelah penyelenggaraan SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan
Davis Cup 2015 serta Asian Games 2018.

“PP Pelti sangat mengapresiasi kepedulian PT MedcoEnergi Internasional Tbk dalam mendukung program pembinaan tenis, khususnya kelompok yunior yang menjadi bagian penting dalam membangun olahraga ini di Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *