Kepala DPMD Gresik Halimatul Farda

DPMD Gresik Belum Melantik 264 Cakades 2019 Terpilih

GRESIK (Independensi.com) – Pelantikan calon kepala desa (Cakades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang berlangsung pada 31 Juli 2019 di 264 desa diwilayah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Bakal dilaksanakan pada bulan ini, agar Pemerintahan Desa (Pemdes) bisa berjalan normal kembali.

Hal tersebut, dikemukakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Gresik Halimatul Farda. “Sesuai arahan Pak Bupati, pelantikan 264 cakades hasil Pilkades serentak dilakukan sebelum tutup bulan Agustus bulan ini. Untuk tempatnya, masih dimusyawarahkan,” ujarnya kepada Independensi.com, Senin (19/8).

“Untuk lokasi pelaksanaan pelantikan Cakades, ada 2 opsi tempat yang bisa digunakan sebagai lokasinya. Yaitu, gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) II di Jalan Jaksa Agung Suprapto, dan Ruang Mandala Bhakti Praja Kantor Bupati Gresik,” katanya.

“Alasan dipilihnya kedua tempat itu sama-sama luas, jadi cocok untuk menampung jumlah banyak orang termasuk areal parkirnya. Kan sudah menjadi tradisi kalau ada pelantikan Cakades, pasti warga desa yang notabene pendukung akan ikut hadir,” tuturnya.

Tapi, untuk kepastian lokasinya nanti, lanjut Farda pihaknya masih akan meminta persetujuan bupati. “Saya akan matur ke Pak Bupati dulu. Tapi, pastinya Pak Bupati menghendaki sebelum akhir Agustus ini 264 cakades terpilih sudah bisa dilantik,” ungkapnya.

Selain mempersiapkan pelantikan sebagai Kepala DPMD baru, kami juga akan berupaya memulihkan kondusivitas dan kerukunan warga yang sempat terlebih pasca Pilkades lalu. Agar keguyuban warga kembali terjadi dan bisa bekerja sama untuk membantu cakades terpilih dalam mengelola pemerintahan desa (Pemdes) menjadi lebih baik,” pungkasnya.  (Mor)