Apriyani Rahayu (kiri) dan Greysia Polii. (Dok/Ist)

Greysia/Apriyani Menang Mudah

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengawali laga mereka pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 dengan mulus melangkah ke babak ketiga turnamen ini. Pasangan unggulan kelima ini menang mudah 21-13, 21-12 atas ganda putri Rusia, Anastasiia Akchurina/Olga Morozova pada babak kedua di St. Jakobshalle Basel, Swiss, Rabu (21/8/2019).

Seperti dikutip dari Antara, membuka gim pertama dengan enam poin beruntun, semifinalis Kejuaraan Dunia tahun lalu itu terus memimpin perolehan angka hingga menutup gim pembuka dengan kemenangan 21-13. Awal gim kedua permainan berlangsung lebih ketat. Pertahanan pasangan Rusia yang rapat mampu menahan serangan yang dilancarkan Greysia dan Apriyani. Hanya saja pengembalian mereka kerap meleset sehingga memberi poin bagi pasangan Indonesia.

Sementara smes tajam Apriyani beberapa kali juga tidak dapat dibendung pasangan Rusia berperingkat 49 dunia tersebut. Pasangan yang mendapat bye pada putaran pertama itu selanjutnya pada babak 16 besar, akan melawan pemenang pertandingan antara unggulan 10 asal Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva dengan pasangan Prancis Delphine Delrue/Lea Palermo.

Sementara itu ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memanfaatkan pertandingan pertama untuk menyesuaikan diri dengan lapangan. Pasangan unggulan keenam itu langsung bertanding pada putaran kedua melawan ganda campuran Republik Ceko, Jakub Bitman/Alzbeta Basova. Praveen/Melati hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk menghentikan ganda campuran Ceko itu dengan 21-16, 21-11.

“Mainnya masih belum 100 persen in, tapi kita tadi coba mengkondisikan situasi lapangan, lampu, pokoknya tadi coba nguasain situasi di lapangan,” ujar Praveen seperti dikutip dari Antara. Setelah memimpin sejak awal, Praveen/Melati merebut gim awal dengan 21-16. Namun pada gim kedua, setelah menyamakan kedudukan 1-1, langsung memimpin 5-1 berkat lima poin beruntun.

Keunggulan ganda Ceko hanya sampai di situ setelah Praveen dan Melati melaju dalam perolehan angka berkat poin beruntun berikutnya sebanyak tujuh angka. Pada babak berikutnya mereka akan ditantang pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek. Kedua pasangan pernah bertemu pada Jerman Open 2019 yang dimenangi ganda Belanda tersebut.