Ilustrasi. (Dok/Ist)

Marcus Culey Kuasai Etape Tiga

JEMBER (IndependensI.com) – Marcus Culey dari Team Sapura Cycling Malaysia sukses memimpin dari sembilan pembalap jelang finis etape tiga Tour d’Indonesia 2019, Rabu (21/8/2019). Dia berhasil meraih posisi terdepan di etape tiga dengan waktu tercepat 4 jam, 15 menit, dan 35 detik.

Pembalap berkebangsaan Australia ini unggul hingga 32 detik dari tiga pebalap di belakangnya yang melewati finis nyaris bersamaan, yakni Rohan Duplooy (Protouch Afrika Selatan), Yudai Arashiro (Kinan Cycling Team), dan Dylan Mckenna (X-Speed United). Culey tampil begitu percaya diri saat melewati garis finis. Ia sempat berjoget di atas sepeda yang disambut tepuk tangan penonton yang memenuhi kedua sisi jalan.

Seperti dikutip dari Antara, Culey mengaku memang sudah mengincar gelar juara etape ketiga ini mengingat medannya yang mendatar, sesuai dengan karakternya sebagai sprinter. “Memang banyak sprinter bagus di sini. Tadi strategi saya berusaha break secepatnya,” kata pemilik rangking 517 UCI itu.

Rombongan para pebalap pada etape ketiga sepanjang 193 km dari Kota Batu menuju Jember itu mulai terbagi menjadi beberapa peleton pada kilometer 120. Sebelumnya, dua pembalap, yakni Dealton Prayogo (timnas Indonesia) dan Maral-Erdene Batmunkh (TSG), tercecer karena terjatuh di sekitar Lawang atau sekitar 30 menit lomba. Sementara itu Abdul Soleh finis urutan ketujuh dengan catatan waktu 4:17:14, sekaligus memenangi kategori pebalap Indonesia tercepat. Urutan kedua untuk kategori Indonesia diduduki Odie Purnomo dan posisi ketiga dikuasai Jamaludin Novardianto.