Wiranto : Pelaku Rasial Terhadap Suku Papua Bakal Diproses Hukum

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaskan, para pelaku rasial terhadap suku Papua akan ditindak tegas dan diproses secara hukum.

Wiranto mengatakan, para pelaku merupakan ulah oknum. Oleh karena itu dirinya meminta kepada masyarakat Papua tidak menggeneralisasi pelaku tersebut dilakukan oleh satu suku tertentu.

“Kita pisahkan oknum yang kurang ajar, tentu nanti ada tindakan hukum, tetapi jangan kemudian digeneralisasi bahwa penghinaan suku lain kepada Suku Papua,” tutur Wiranto dalam kunjungan di Manokwari, Papua Barat, seperti dikutip Antara, Kamis (22/8/2019).

Kericuhan yang terjadi di sejumlah daerah di Papua Barat dan Papua karena keberatan ucapan bernada rasial saat pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur. Menurut Wiranto, kejadian tersebut menjadi pelajaran yang penting untuk diperhatikan agar ke depan tidak ada lagi saling cerca antarsuku.

“Kita sudah menjadi Bangsa Indonesia. Ke depan jangan berikan ruang kepada orang-orang seenaknya menghina yang menimbulkan kekacauan, kebencian. Ini yang harus kita hadapi bersama,” tuturnya. (dny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *