Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Sri Mulyani Khawatir di Tahun 2020 Bakal Terjadi Resesi Ekonomi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku khawatir di tahun 2020 bakal terjadi resesi atau kemerosotan ekonomi di banyak negara termasuk Indonesia. Hal ini bisa terjadi lantaran dinamika global yang sampai saat ini masih berlangsung.

Dinamika yang terjadi saat ini membuat pertumbuhan ekonomi diproyeksi menurun, bahkan pertumbuhan perdagangan juga akan menurun seiring perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) tak kunjung usai.

“Seluruh indikator menunjukkan bahwa apabila tren ini berlanjut, maka 2020 dikhawatirkan akan terjadi resesi, terutama di negara-negara maju,” kata Sri Mulyani di ruang rapat Komisi XI DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Resesi atau kemerosotan ekonomi akan membuat kebutuhan akan suatu produk perdagangan menurun. Sehingga, porsi ekonomi menjadi ikut turun.

Dinamika itu, lanjut Sri Mulyani sudah banyak direspon oleh kebijakan fiskal masing-masing negara di dunia, khususnya yang telah mengalami perlambatan ekonomi seperti Brazil, Argentina, Jerman, dan negara Eropa lainnya.

“Sehingga dari sisi kebijakan, baik fiskal maupun moneter diperkirkan akan lebih supportive dan ini diharapkan bisa menetralisir potensi terjadinya pelemahan yang berlanjut atau resesi,” ujarnya. (dny)