Belajar Via Online Jadi Tren Pelajar Saat Ini

Jakarta (IndependensI.com)- Sebagai anak muda yang kehidupan seharinya dekat dengan gawai, melaksanakan kewajibannya untuk belajar melalui internet. Informasi yang tersaji di internet cukup menarik, baik secara audio maupun visual. Namun demikian mereka tetap perlu mengikuti pelajaran di sekolah, salah satunya melalui bimbingan belajar online.

Psikolog Pendidikan Achsinfina H.Sinta (kedua kiri) bersama Country Manager Quipper Indonesia, Yuta Funase (kanan), Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari dan Plt Direktur Direktorat Pendidikan Dasar dan Mengah Kemendikbud Didik Suhardi saat diskusi bertema ” Apakah Kebiasaan Belajar Online dapat meningkatkan prestasi siswa di Jakara, Kamis (29/8/2019).

Psikolog Pendidikan, Achsinfina H.Sinta mengatakan, pelajar usia remaja cenderung untuk belajar dan mempelajari sesuatu sesuai yang disukainya. Salah satunya menggunakan platform digital atau online. “Mereka bisa belajar online, karena itu keren. Teman usianya pun jadi ikut-ikutan. Tetapi bisa saja masih belum cukup materi yang didapat di sekolah. Jadi bisa menjadi alternatif belajar baru,” ujar Sinta dalam diskusi pendidikan yang diadakan Quipper Indonesia, Kamis (29/8/2019).

Sementara itu Country Manager Quipper Indonesia, Yuta Funase mengatakan, sejak 2015 Quipper menghasilkan video pembelajaran yang berkualitas dan menarik, kemampuan guru dalam berbicara di depan publik, konten pelajaran yang sesuai dan mengemas kreatifitas video. “Situasi ini membuat sekitar 6 juta pelajar di Indonesia menggunakan Quipper sebagai alternatif belajar online mereka,” ujar Yuta.

Psikolog Pendidikan Achsinfina H.Sinta (kedua kiri) bersama Country Manager Quipper Indonesia, Yuta Funase (kedua kanan), Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari (kanan) dan Plt Direktur Direktorat Pendidikan Dasar dan Mengah Kemendikbud Didik Suhardi (kiri) saat diskusi bertema ” Apakah Kebiasaan Belajar Online dapat meningkatkan prestasi siswa di Jakara, Kamis (29/8/2019).

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Ristek Dikti, terdapat 714.652 peserta mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019. Peserta yang lulus mencapai 23,61% atau 68.742 peserta. Tahun ini terdapat peningkatan 19,28% dari tahun lalu. Kenaikan disebabkan antara lain, dari sisi penyelenggara dan peserta telah mempersiapkan segalanya dengan baik. Selain itu dilaksanakan berbasis komputer dimana para siswa sudah terbiasa menggunakan hal tersebut. Salah satunya dengan berlatih melalui layanan bimbel online.

Psikolog Pendidikan Achsinfina H.Sinta (kedua kiri) bersama Country Manager Quipper Indonesia, Yuta Funase (kanan), Business Development Manager Quipper Indonesia Ruth Ayu Hapsari (kedua kanan) dan Plt Direktur Direktorat Pendidikan Dasar dan Mengah Kemendikbud Didik Suhardi (kiri) saat diskusi bertema ” Apakah Kebiasaan Belajar Online dapat meningkatkan prestasi siswa di Jakara, Kamis (29/8/2019).

Setiap tahun pada bulan Juli, Quipper selalu melakukan survey penggunanya di Tanah Air. Hasil survey pada Juli 2019 yang diikuti 3.000 responden, terdapat hasil yang cukup signifikan pengguna Quipper. “Rata-rata pengguna Quipper Video menonton 10 video dan mengerjakan (0 soal per minggu saat periode ujian. Sedangkan pengguna Quipper Video Masterclass dengan tambahan dari coach dan tutor online bisa dua kali lebih besar. Hasilnya, pengguna Quipper Video diterima PTN sebesar 58%,” kata Ayu.

3 comments

  1. Sebagai generasi yang tidak bisa lepas dari internet belajar secara online merupakan solusi yang cukup tepat selain praktis kita juga bisa belajar dimana saja selain quipper saya pikir ruangguru sudah lebih dulu maju dan dikenal masyarakat semoga dengan adanya aplikasi bimbel online seperti ruangguru dan quipper pendidikan di indonesia bisa lebih maju lagi

  2. Belajar online memang menjadi pilihan yang memudahkan kita di era tekhnologi seperti sekarang ini. Fleksible dan Efisien waktu pasti nya juga daya tarik belajar online. Bahkan bimbel online sekarang ini sangat bisa membaca pasar dengan inovasi-inovasi gaya belajar online yang fun dan menarik. Kita ambil contoh bimbel ruangguru yang sedang naik daun dan sukses merebut pangsa pasar bimbel di Indonesia.

  3. bener belajar online gak cuma keren sih, tapi lebih fleksibel dan juga variasi dalam belajar selain menggunakan buku cetak.
    namun untuk video, putra saya cenderung menyukai ruangguru sebagai tempat belajarnya

Comments are closed.