Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada para pengembang, Dinas Perumahan dan BUMD terkait seperti Bank DKI yang menyediakan fasilitas kredit untuk pemohon program DP 0 Rupiah.

Terima Kunci, Pemohon DP 0 Rupiah Dapat Kredit Dari Bank DKI

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan secara simbolis meresmikan hunian DP 0 Rupiah Klapa Village dan melakukan penyerahan kunci kepada calon penghuni program hunian DP 0 Rupiah Solusi Rumah Warga (Samawa) di Pondok Kelapa, Jakarta Timur (31/8).

PT Bank DKI yang ditugaskan sebagai bank pelaksana program tersebut turut hadir dalam mensukseskan acara Festival Samawa DP 0 Rupiah yang secara bersamaan melakukan penandatanganan akad kredit kepada calon penghuni Klapa Village.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada para pengembang, Dinas Perumahan dan BUMD terkait seperti Bank DKI yang menyediakan fasilitas kredit untuk pemohon program DP 0 Rupiah. Ia juga menyampaikan program DP 0 Rupiah merupakan tanda hadirnya negara untuk menyelesaikan permasalahan struktural terkait kepemilikan properti bagi masyarakat DKI Jakarta.

“Calon penghuni hari ini telah melewati berbagai proses seleksi dan telah memenuhi kriteria untuk dapat difasilitasi pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah oleh PT Bank DKI. Program ini didesain untuk masyakat yang berpenghasilan rendah, seperti masyarakat yang mampu mengontrak rumah, namun tidak mampu mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah, tapi masih memiliki uang untuk membayar sewa kontrak bulanan, nah dengan skema ini dapat mengalihkan alokasi biaya kontrak bulanan menjadi pembayaran cicilan kepemilikan rumah.” Demikian disampaikan Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini.

Program rumah DP 0 Rupiah Samawa Klapa Village tersedia dalam 3 tipe, mulai dari tipe studio dengan luas 21m2 hingga 35m2 untuk tipe dua kamar tidur. Hunian tersebut telah siap huni, tanpa uang muka, bebas biaya administrasi, bebas provisi kredit, bebas biaya akad & ppjb, tenor kredit hingga 20 tahun, cicilan hanya Rp.1.219.598 sampai Rp2.255.095.

Program fasilitas pembiayaan DP nol Rupiah dilakukan secara bertahap, selain Klapa Village, kedepannya juga akan dibangun hunian di wilayah Cilangkap serta beberapa wilayah lain yang sedang dalam tahap kerjasama dengan pengembang swasta dengan mempertimbangkan tingkat permintaan/kebutuhan warga.

“Dengan terlaksananya Festival Samawa DP 0 Rupiah pada hari ini, merupakan langkah awal dari dari penyelesaian permasalahan perumahan bagi warga Jakarta. PT Bank DKI akan terus mendukung Pemprov DKI Jakarta, sehingga apa yang menjadi harapan Bapak Gubernur dapat terwujud, dimana semua warga Jakarta setahap demi setahap nantinya bisa memiliki rumah milik mereka sendiri dan membawa mereka dalam eskalator kenaikan properti yang ada di Jakarta“, tutup Herry.