Raja Sapta Oktohari. (Dok/Ist)

ISSI Bidik Dua Medali Emas SEA Games 2019

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Raja Sapta Oktohari mengatakan, lembaga yang dipimpinnya membidik dua medali emas pada SEA Games 2019 di Filipina. Hal ini terkait dengan persiapan dan kesiapan atlet serta melihat pula dari hasil SEA Games sebelumnya. 

“Walaupun tadi sangat antusias kita berpotensi dapat tiga (medali) emas, kami dari PB ISSI sudah menetapkan target minimal adalah dua (medali) emas,” kata pria yang akrab disapa Okto  seperti dikutip dari Antara, Senin (9/9/2019).

Menurut Okto, bercermin dari hasil Kejuaraan Asia dan Asian Games 2019, balap sepeda berpotensi mendulang emas dari nomor BMX dan Mountain Bike (MTB) terutama nomor downhill. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, balap sepeda menyumbang dua medali emas, dua medali perak, dan tujuh medali perunggu. Dua tahun silam, kedua medali emas tersebut dipersembahkan atlet BMX putra dan putri I Gusti Bagus Saputra dan Elga Kharisma Novanda. Sayangnya, untuk SEA Games tahun ini, nomor BMX putri tidak dipertandingkan.

Saat itu, Indonesia hanya menempati peringkat kedua dalam daftar perolehan medali cabang medali emas. Tertinggal jauh dari tuan rumah Malaysia yang memborong 13 medali emas. Hanya saja Indonesia tidak tertinggal terlalu jauh dari tim peringkat kedua Thailand, yang juga membawa pulang dua medali emas.

Sesuai ketentuan yang disyaratkan panitia penyelenggara SEA Games 2019, Indonesia akan mengirim sembilan atlet putra dan empat atlet putri. Menurut jadwal yang didapat dari laman resmi SEA Games 2019, cabang olahraga balap sepeda akan bertanding sejak 1 sampai 10 Desember. Balap sepeda akan mempertandingkan 13 nomor di Filipina.