Raja Sapta Oktohari. (Dok/Ist)

Okto Bidik Ketua Umum KOI

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Berbekal posisi sebagai pimpinan cabang olahraga balap sepeda di Tanah Air dan kesuksesan sebagai Ketua Umum panitia pelaksana Asian Para Games 2018 lalu, Raja Sapta Oktohari (RSO) yang akrab disapa Okto, bersiap mengikuti pemilihan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Okto dijadwalkan akan melakukan pendaftaran secara resmi menjadi bakal calon Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

“Benar. RSO akan melakukan pendaftaran secara resmi,” kata Ketua Tim “RSO for KOI” Jadi Rajaguguk seperti dikutip dari Antara, Jumat (4/10/2019). Sebagai ketua tim pemenangan, mantan Sekjen PB ISSI ini mengaku terus melakukan komunikasi dengan pemilik suara yang bakal menyalurkan aspirasinya pada Kongres KOI di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (9/10).

Pemilik suara pada kongres tersebut sebanyak 115 suara. Merujuk AD/ART KOI terbaru usai Kongres Istimewa, setiap induk cabang olahraga Olimpiade memiliki tiga hak suara, non-olimpiade memiliki satu hak suara, plus ditambah satu suara dari perwakilan Indonesia di Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Adapun salah satu syarat terpenting yang harus dipenuhi oleh bakal calon adalah mendapatkan dukungan minimal dari 30 pemilik suara dari 115 suara yang ada. “Alhamdulillah dari 32 cabang olahraga Olympic Sport dan 25 non Olympic Sport hampir semua mendukung RSO for KOI 2019-2023,” kata Jadi yang saat ini menjadi Wakil Ketua Umum PB ISSI itu.

Meski sudah banyak dukungan, Jadi menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan pemilik suara hingga kongres berlangsung yang salah satunya dengan menggelar deklarasi dukungan. “Forum Komunikasi Cabang Olahraga Indonesia akan mendeklarasikan RSO for KOI di Ancol, Minggu (6/10),” kata pria yang juga Ketua KADIN Batam itu.

Hingga menjelang penutupan pendaftaran bakal calon Ketum KOI, Minggu (6/10), memang baru satu nama yang santer ke permukaan yaitu RSO. Bahkan saat deklarasikan diri, Selasa (24/9), banyak cabang yang memberi dukungan seperti selam, sambo, baseball-softball, layar, judo, renang, hingga menembak. Bahkan saat deklarasi RSO for KOI juga mendapatkan dukungan penuh dari Ketua KOI periode 2015-2019 Erick Thohir, hingga Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.