Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, Wakil Presden K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Estu dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Mufidah Kalla berfoto bersama pimpinan MPR RI, usai pelantikan di Gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10) sore. (Foto: Jay/Humas)

Keluar Jeratan ‘Middle Income’, Jokowi: Bangun SDM, Sederhanakan Regulasi

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, potensi Indonesia untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah atau yang sering disebut dengan middle income trap sangat besar.

Saat ini, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi, di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

“Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Ini menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan lapangan kerja. Tapi akan menjadi kesempatan besar, peluang besar jika kita mampu membangun SDM, Sumber Daya Manusia, yang unggul. Didukung oleh ekosistem politik yang kondusif dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Periode 2019-2024, di Gedung MPR-DPD-DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) sore.