Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan

Pendirian PTN di Taput Upaya Pencapaian SDM Berkualitas

JAKARTA (Independensi.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), akan berusaha merealisasikan mendirikan perguruan tinggi negeri (PTN) umum untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di tanah Batak.

Untuk merealisasikan itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat di Taput dan daerah sekitarnya, dapat mendukung rencana pendirian PTN di Taput. “Jika cita-cita ini terealisasi, maka kedepan Taput menjadi lumbung SDM yang berkualitas,” jelas Bupati Taput, Drs Nikson Nababan, kepada Independensi.Com belum lama ini.

Menurut Nikson, pada periode kedua kepemimpinannya (2019-2024), dia akan lebih mempertajam pencapaian visi-misi pemerintahannya, yang salah satu di antaranya adalah menjadikan Taput sebagai lumbung SDM berkualitas.

“Untuk mencapai hal itu, Taput sudah selayaknya memiliki PTN. Cukup banyak uang rakyat keluar dari Tapanuli untuk biaya kuliah putra-putri daerah yang akan menuntut ilmu di kota lain dan kebanyakan di Pulau Jawa. Kalau uang yang banyak itu berputar di Taput, maka efek domino bagi sektor perekonomian lain juga ikut terdongkrak,” ujarnya.

Dikatakan, pendirian PTN di daerahnya, secara tidak langsung sangat berpengaruh bagi sektor perekonomian seperti pariwisata, perdagangan, properti dan jasa angkutan akan semakin maju.

Diakui, persiapan menuju pendirian PTN yang akan dipusatkan nantinya di Kota Tarutung, saat ini sudah semakin matang. Diskusi dengan para pemangku kepentingan sudah sering dilakukan. Dari segi lokasi dan kesiapan sarana dan prasarana pendukung sudah mapan.

“Kita punya kampus Institut Agama Kristen Negeri ( IAKN) di Tarutung dan tinggal pembenahan di beberapa faktor. Maka cita-cita saya dan juga seluruh lapisan masyarakat akan segera terwujud untuk Taput sebagai lumbung SDM berkualitas,” tambah Nikson.

Ditambahkan, baru-baru ini Pemkab Taput yang diwakili oleh Wakil Bupati Taput, Sarlandy Hutabarat bersama tim ahli Universitas Sumatera Utara (USU) dan Bappeda Taput telah mengunjungi ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif (UIN SUSKA) Riau dalam rangka menggali informasi tentang proses transformasi (perubahan status) IAKN Riau menjadi UIN Suska Riau.

Dalam pertemuan tersebut, Wabub Taput Sarlandy Hutabarat menyampaikan kepada Rektor UIN Suska Riau Ahmad Mujahidin, bahwa tujuan kunjungan tersebut berkaitan dengan rencana Pemkab Tapanuli Utara dalam hal pendirian PTN.

“Itulah bukti nyata keseriusan kami yang menginginkan pendirian PTN di daerah Taput,” jelas Nikson Nababan. (Robino Hutapea)